Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia | OPINI.id

Bulan Agustus disambut dua perhelatan penting, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia yang langsung disambung dengan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Tapi, ternyata ada satu perayaan penting lagi bagi bangsa Indonesia yang jatuh pada bulan Agustus, perayaan ini penting karena menyangkut jati diri geografis bangsa Indonesia. Pada tanggal 21 Agustus, kita akan merayakan Hari Maritim Nasional. Kali ini kita akan berkenalan lebih lanjut dengan Hari Maritim Nasional!

Ada 2 Versi Tanggal

Hari Maritim Nasional 21 Agustus dirayakan untuk memperingati kemenangan armada laut Indonesia atas armada laut Jepang pada tanggal yang sama di tahun 1945. Sementara versi lain Hari Maritim Nasional, yaitu pada tanggal 23 September yang ditetapkan Soekarno melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 249/1964 tentang Penetapan Tanggal 23 September Menjadi Hari Maritim Nasional dan ditandai dengan Kongres Maritim pertama.

Visi Masa Depan Kemaritiman

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Jokowi menyatakan terdapat lima pilar utama, yakni: 1. Membangun kembali budaya maritim Indonesia. 2. Menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama. 3. Memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim. 4. Menerapkan diplomasi maritim, melalui usulan peningkatan kerja sama di bidang maritim dan upaya menangani sumber konflik, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut dengan penekanan bahwa laut harus menyatukan berbagai bangsa dan negara dan bukan memisahkan. 5. Membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim.

Kejadian Bersejarah pain Pada Tanggal Sama

Tahun 1552: Kerajaan Portugal dan Kerajaan Sunda mengadakan perjanjian persahabatan yang memperbolehkan Portugis membuat benteng di Sunda Kelapa. Perjanjian tersebut diabadikan dalam Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal. Tahun 1945: Pengumuman Kemerdekaan RI pertama kali secara nasional dari Aceh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) didirikan. Tahun 1995: Ratu Beatrix dari Belanda melakukan kunjungan kenegaraan. Kunjungan kenegaraan pertama kali setelah 14 tahun dan pertama kalinya secara umum Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Maritim Nasional! Penulis: Jan Wiguna Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/hari-maritim-nasional/

Komentar (1)

Fresh