Pernah Dengar Cabor Kabaddi? | OPINI.id

Asian Games 2018 memiliki 40 cabang olahraga yang dilombakan, salah satu yang menarik perhatian adalah Kabaddi. Bagi saya sendiri, Kabaddi jadi salah satu cabor yang asing di telinga. Apa sih Kabaddi itu? Yuk sama-sama cari tahu:

Asal Usul Kabaddi

Melansir dari Kreedon.com, Kabaddi adalah permainan khas India yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Para sejarawan berspekulasi bahwa permainan ini berasal dari zaman prasejarah di negara bagian Tamil Nadu, hampir 4.000 tahun yang lalu. Permainan ini banyak disebutkan dalam epos mitologi. Satu yang populer menyebut bahwa permainan ini terinsipirasi dalam perang Mahabharat saat pertempuran Abimanyu, putra Arjuna dengan Kurawa. Sementara itu literatur Buddha mengungkapkan Dewa Gautama juga sering memainkan permainan ini untuk rekreasi.

Aturan Main

Tim dibagi menjadi dua yang akan bertanding dan masing-masing terdiri dari 7 pemain. Satu orang dari satu tim akan menyerang kubu lawan dan menyentuh salah satu anggota tim lawan dan kembali ke area timnya. Uniknya, seseorang saat sedang menyerbu ke pihak lawan harus meneriakkan "Kabaddi, kabaddi, kabaddi" berulang-ulang sambil menahan nafas. Sementara itu, tim lawan harus menahan penyerang hingga akhirnya tidak kuat untuk menahan nafasnya lagi.

Kabbaddi di Mata Dunia

Pertama kali diperkenalkan pada dunia dalam Olimpiade Berlin pada 1936. Dua tahun kemudian, kabaddi diperkenalkan dalam Olimpiade Nasional India di Calcutta. Selanjutnya pada 1950, Federasi Kabaddi Seluruh India muncul untuk membantu mengatur Kejuaraan Nasional Senior pada 1952.

India mendominasi permainan kabaddi

Tim pria India telah meraih semua gelar di Asian Games dan Piala Dunia hingga sekarang. Dengan tujuh gelar Piala Dunia dan banyak medali emas Asian Games, tim nasional pria India berada di puncak olahraga.

Kamu sudah pernah dengan cabang olahraga Kabaddi sebelumnya?
Belum
Sudah
15 votes

Cara Main

Masing-masing tim secara bergantian mengirimkan satu orang untuk masuk ke dalam area lawan. Sementara kubu lain akan berusaha menjatuhkan orang tersebut serta mencegahnya agar jangan sampai melewati garis tengah yang disebut “Bauk Line.” Yang menarik, setiap akan memulai permainan, seorang Raider harus menghirup nafas panjang dan mengucapkan “Kabaddi!” Raider tidak hanya memancing lawan untuk menjatuhkannya sebelum berusaha kembali ke Bauk Line. Mereka juga bisa membuat lawan lain kehilangan anggota dengan menyentuh salah satu anggotanya. Bila berhasil, lawan akan kehilangan satu kekuatan dan tim Raider mendapatkan satu poin tambahan.

Komentar

Fresh