5 Hambatan Meraih Kemerdekaan Finansial | OPINI.id

Kemerdekaan finansial menjadi dambaan banyak orang. Kemerdekaan finansial adalah suatu level kehidupan dimana seseorang dapat menjalani kehidupan tanpa perlu berpikir darimana datangnya uang untuk menutup pengeluaran. Dengan kata lain, kehidupan tenang tanpa dipusingkan dengan masalah keuangan, apalagi tagihan atau utang memang menjadi dambaan banyak orang. Namun kudu diakui, kondisi ini tidak mudah dilakukan. Kebebasan finansial sulit karena diwujudkan karena 5 kebiasaan buruk ini:

1. Tidak Punya Perencanaan Keuangan

Ciri-ciri mereka yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik adalah boros, hedonis dan konsumeris. Jangankan investasi dan tabungan, yang sering ada justru uang sudah habis di tengah bulan. Di sisa hidup selanjutnya, tak jarang mereka ini utang kesana-kemari agar bisa bertahan hidup.

2. Beranggapan kartu kredit itu penghasilan tambahan

Tidak sedikit yang salah kaprah dan mengganggap kalau kartu kredit itu uang tambahan atau pendapatan baru. Padahal, kartu kredit itu dana pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi. So, kartu kredit itu kartu utang. Jangan sampai lupa itu.

3. Berutang tanpa perhitungan

Utang tanpa perhitungan itu ciri nyata mereka yang susah meraih kebebasan finansial. Makin mudahnya mendapatkan pinjaman online, makin berabe pula keuangan seseorang. Kamu masih banyak berutang?

4. Tidak memiliki dana darurat

Sakit, kecelakaan, kematian, PHK, kebakaran rumah hingga kehilangan aset adalah hal-hal yang tak terelakkan. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang susah mencapai kebebasan finansial itu karena mereka ini tidak memiliki dana darurat.

5. Menunda investasi

Mereka yang susah mencapai kemerdekaan finansial adalah mereka yang mengabaikan investasi. Maklum uang udah habis untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, bukannya produktif. Padahal, investasi saat ini sudah tergolong mudah dan gampang, dapat dilakukan secara online melalui platform IPOTSTOCK. Dengan imbal hasil yang tinggi, investasi saham bisa menjadi sarana mencapai kemerdekaan finansial. Apalagi, IPOTSTOCK ini menyediakan kenyamanan nabung saham online dengan teknologi tools untuk mengatur return (imbal hasil) maksimal.

Komentar

Fresh