Aksi Heroik Bocah Dari Atambua | OPINI.id

"Apapun kondisinya, Merah Putih harus tetap berkibar di langit Nusantara!" Aksi heroik yang dilakukan bocah Atambua saat Upacara Bendera HUT RI ke 73 ini jadi viral di dunia maya.

Aksi Heroik

Rangkaian Hari Kemerdekaan RI, Jumat (17/8/2018) di Motaain, Seda Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT, atau wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste dihiasi dengan aksi heroik seorang bocah. Saat Bendera Merah Putih akan dikibarkan di tiang bendera oleh anggota Paskibraka, tiba-tiba tali pemintas tak bergerak lantaran tersangkut di ujung tiang alias keluar dari as roda. Tiba-tiba seorang bocah yang mengenakan seragam SMP berlari keluar dari barisan paduan suara acara tersebut. Dia kemudian memanjat tiang bendera yang cukup tinggi. Tanpa rasa takut sedikit pun. Kedua kakinya melekat erat di tiang yang terbuat dari besi. Meski tiang terlihat bergoyang, dia tetap terus naik hingga mencapai puncak. Beberapa anggota TNI, pasukan pengibar, dan polisi mendekati tiang, lalu menahan agar tiang tersebut tak bergoyang. Usai membetulkan tali ke posisi semula, dia lantas turun dari tiang. Aksi heroik ini disambut tepuk tangan semua orang yang menghadiri upacara tersebut. Salute..!

Siapakah Bocah Pemberani ini?

Anak hebat dan berani dari Atambua ini bernama Johannes Adekalla atau biasa disapa Joni. Ia adalah siswa kelas VII SMPN 1 Silawan Atambua. Joni memanjat tiang bendera yang diperkirakan setinggi 15 meter tanpa pengaman. Wakil Bupati sebenarnya sudah melarang bocah itu untuk naik tapi ia tetap memanjat untuk mengambil tali bendera yang lepas. Menurut bocah ini: "Apapun yang terjadi bendera Merah Putih harus tetap berkibar"

Joni Sang Pahlawan

Kades Silawan Ferdi Mones menilai anak itu sebagai pahlawan. Menurutnya, sebutan pahlawan layak disematkan kepada anak tersebut lantaran telah menyelamatkan wajah Indonesia di tapal batal NKRI. Pasalnya saat itu, proses upacara bendera disaksikan pejabat daerah dan delegasi negara perbatasan. "Di samping menyelamatkan bendera, ia juga menyelamatkan wajah NKRI di tapal perbatasan," ujar dia.

Jadi Contoh Bagi Kita Semua

Anak kecil dari perbatasan Indonesia ini menjadi salah satu contoh bahwa tak perlu jadi manusia hebat untuk bisa berkontribusi bagi nusa dan bangsa, terkadang hal-hal sederhana yang dilakukan dengan tulus semacam ini bisa membangkitkan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan para pendahulu kita dalam mempertahankan NKRI. Selain itu, aksi ini bisa menjadi contoh juga bagi generasi zaman now atau generasi millenial untuk bisa memiliki rasa cinta akan Tanah Air. Ingatlah, bocah sederhana dari pedalaman ini saja bisa mengatakan: "Apapun kondisinya Bendera Merah Putih harus tetap berkibar" Bagaimana dengan kamu yang tinggal diperkotaan..??

Saat HUT RI masih sempatkah kamu untuk ikut upacara bendera?
selalu ikut upacara
kadang-kadang
ga ikut
ga penting juga kalee..
197 votes

Sumber:

https://twitter.com/kemlu_ri https://bit.ly/2vS0UWa https://bit.ly/2BkClXb https://bit.ly/2MhoB4t https://bit.ly/2PeUDfb

Komentar

Fresh