5 Negara Yang Melarang Youtube | OPINI.id

Selain media sosial instagram atau twitter, youtube juga merupakan situs yang paling banyak dinikmati oleh penikmat internet di tanah air, tetapi memang ada beberapa negara yang melarang youtube dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Nah kamu pasti penasaran kan negara mana sajakah yang melarang warganya mengakses youtube ? yups langsung saja ini dia check this out !

Korea Utara

Karena Korea Utara membatasi akses internet yang masuk ke negaranya, mereka hanya diperbolehkan menggunakan kwangmyong atau sejenis mesin pencari seperti google. Namun hanya boleh mengakses seribu situs yang sudah disetujui oleh pemerintah, dan youtube tidak ada di dalam daftar situs yang boleh diakses. Kim Jong Un tentu khawatir kalau rakyatnya dapat membuka youtube dan melihat video-video di dalamnya akan merusak propaganda yang telah ia bentuk selama ini. Apalagi banyak sekali konten yang bertentangan dengan citra Kim Jong Un saat ini

Armenia

Di tahun 2008, negara Armenia yang berbatasan dengan negara Turki ini mengalami situasi politik yang panas. Bentrokan terjadi antara oposisi dengan aparat keamanan lantaran tidak menerima hasil perhitungan pemilu. Sejak saat itulah pemerintah memblokir youtube pada 2 Maret 2008 untuk mengendalikan militer. Pemerintah tidak ingin kabar mengenai bentrok yang terjadi tersebar melalui youtube dan membuat warga turun ke jalan untuk menggulingkan pemerintahan. Bahkan selain youtube, pemerintah juga mengeluarkan larangan untuk media yang akan menyiarkan berita, mereka hanya diperbolehkan menyiarkan berita resmi dari pemerintah.

Libya

Pemblokiran ini dilakukan karena suasana pemerintahan yang tidak stabil, sehingga pemerintah berusaha menahan penyebaran video anti pemerintahan. Apalagi video keluarga Presiden Muammar Khadafi yang sedang berpesta tersebar di youtube. Langkah pemerintah semakin kuat untuk memblokir situs berbagi video ini, tetapi entah karena pengaruh youtube atau bukan, pemerintah presiden Muammar Khadafi akhirnya tumbang, warga Libya pun kini dapat mengakses youtube. Meskipun hingga saat ini Libya masih pada tahap revolusi dimana kekacauan terus terjadi dan kondisi tidak aman selama 7 tahun setelah turunnya rezim Khadafi.

Iran

Di negara yang penduduknya mayoritas beragama islam ini, menganggap youtube sebgai situs yang bisa merusak budaya di Iran. Selain youtube, facebook dan twitter terlebih dahulu sudah ditutup. Khusus youtube, pemerintah mengambil langkah tegas dengan menangkap dan menghukum orang yang melihat youtube. Di tahun 2017 lalu, 6 orang bahkan ditangkap karena ketahuan mengajarkan tarian zumba yang mereka dapatkan dari tutorial pendek di youtube. Iran memang tidak memperbolehkan wanita menari di depan laki-laki yang bukan muhrimnya.

China

Di negara tirai bambu ini, youtube merupakan situs terlarang di internet. Selain youtube, produk google lainnya juga di larang diakses China. Gerakan ini disebut dengan "Great Firewall Of China", alasannya China berusaha memenangkan persaingan perusahaan internet internasional dengan perusahaan internet di China. Apalagi perusahaan lokal tersebut membayar pajak kepada pemerintah China dan membuat warga China menghasilkan banyak uang, sehingga meningkatkan pendapatan daerah. Untuk youtube, China memiliki situs berbagi video serupa bernama "Youku.com". Selain youtube, China juga memblokir google karena merupakan saingan dari baidu yang memiliki fungsi yang sama. Dengan di blokirnya youtube dan google, pemerintah China juga berupaya untuk menghindari isu sensitif tentang China dan keamanan nasional.

Gimana nih menurut kamu apakah setuju dengan larangan tersebut ?
setuju aja
Woiya jelas enggak setuju
728 votes

Komentar

Fresh