4 Tanda Kamu Merdeka Secara Financial | OPINI.id

Sudahkah kamu merdeka secara finansial? Robert Kiyosaki menjelaskan agar merdeka secara finansial, kamu perlu mengubah kebiasaan yang sedang kamu lakukan sekarang untuk menjadi apa yang kamu inginkan secara finansial. Financial freedom tidak hanya sekadar memiliki harta dan aset yang banyak, namun salah satu ukurannya ialah kamu dapat mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Berikut ini 4 tanda kalau kamu sebenarnya sudah merdeka secara finansial:

1. Aset lebih besar daripada utang

Kamu pasti punya aset, entah rumah, mobil, tabungan, deposito, investasi hingga dana darurat. Cek baik-baik nilainya dan bandingkan dengan nilai utang yang kamu miliki, entah utang KPR, utang KTA, hingga kartu kredit maupun utang keluarga, yang dimiliki. Pastikan aset lebih besar dibanding utang. Kalau tidak seperti itu, berarti keuanganmu sedang "sakit".

2. Aset yang mendatangkan penghasilan

Coba perhatikan apakah aset yang kamu miliki mendatangkan penghasilan? Aset yang mendatangkan penghasilan menjadi penanda kalau kamu sudah mulai merasakan kemerdekaan finansial. Misalkan aset tanah, silakan dicek apakah sudah mendatangkan penghasilan rutin tiap bulannya? Kalau belum, berarti aset itu dianggurkan begitu saja. Padahal, bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha sampingan.

3. Memiliki investasi

Kepemilikan investasi juga menjadi tanda kamu sudah merdeka secara finansial. Akan tetapi, investasi yang dimaksud tentu saja investasi yang benar-benar memberikan penambahan keuangan, bukannya innvestasi yang hasilnya habis untuk bayar utang. Nah, untuk memulai investasi, kini sudah ada cara investasi saham yang paling gampang dan terjangkau melalui platform IPOTSTOCK dari PT. Indo Premier Sekuritas. Investasi saham dengan IPOTSTOCK nyaman dan potensi cuannya tinggi karena di dalamnya banyak fitur yang bermanfaat untuk memilih saham-saham yang bagus.

4. Tidak konsumtif

Perilaku konsumtif jelas tidak bakalan mengarahkan kamu ke kemerdekaan finansial. Yang justru terjadi, kehidupan kamu akan terlilit dengan persoalan keuangan. Cobalah tengok kebanyakan orang-orang kaya. Gaya hidup mereka justru tak jarang tetap sederhana dan tidak konsumtif. Kunci menuju kemerdekaan finansial adalah menghindari perilaku konsumtif.

Komentar

Fresh