Punahnya Bioskop Tanpa Adanya Popcorn | OPINI.id

Popcorn atau yang biasa disebut berondong jagung jika di Indonesia. Ternyata dulunya pernah dilarang sebagai camilan diBioskop. Padahal camilan yang diciptakan pada tahun 1840 ini sangat laris pada saat pertama kemunculannya.

Bahkan, Popcorn pernah sampai masuk di majalah populer seperti 'Yale Literaly Magazine', dan 'Dictionary of Americanisms'.

Bioskop Menolak Popcorn

Pada zaman dahulu popcorn dan bioskop tidak berdampingan seperti sekarang. Seluruh pemilik bioskop menolak keras adanya popcorn di dalam theaternya. Tidak lain karena tak ingin permadani dan karpetnya kotor karena remahan dan biji popcorn yang berserakan.

Tak Ingin Hilang Fokus

Alasan kedua popcorn dilarang dibioskop adalah karena pada awal kemunculan film. Film tidak memiliki suara alias film bisu, dan hanya menyediakan dialog agar penonton bisa tahu alur cerita dari film tersebut. Sang pemilik bioskop tak mau para penonton kehilangan fokus akibat menikmati popcorn sehingga lupa akan film yang sedang di tonton.

Era Film Semakin Maju

Pada tahun 1927 teknologi semakin maju, dan pembuatan film pun sudah bisa memakai suara disetiap produksinya.Namun, pemilik bioskop tetap tak mau menyediakan cemilan. Hingga pada akhirnya timbul para pedagang kaki lima yang memanfaatkan peluang untuk menjual popcorn di dekat bioskop,dengan iming-iming sebagai teman camilan saat menonton film.

Popcorn Dilarang Keras Masuk Ke Bioskop

Para pemilik bioskop tetap tidak menyukai popcorn ada di dalam theaternya, sehingga peringatan keras untuk tidak membawa popcorn kedalam bisokop pun di pasang.

Akhirnya Popcorn Diterima Bioskop

Pada tahun 1930 saat itu era 'Great Depression' melanda Amerika sehingga banyak sektor industri yang menutup usahanya. Tak ingin ikut bangkrut, para pemiliki bioskop mulai memutar otak. Hingga pada akhirnya bioskop membolehkan camilan masuk kedalam bioskop dan memanfaatkan kepopuleran popcorn sebagai bintang utama camilan di bioskop. Usaha pemilik bioskop pun berhasil, sehingga sampai sekarang bioskop selalu berdampingan bersama popcorn dan tak pernah terpisahkan.

Menurut lo makan popcorn penting gak sambil nonton film di bioskop?
Penting banget biar ga bosen
Ga penting juga ah
195 votes

Komentar

Fresh