Menanggapi Kritikan di Tempat Kerja | OPINI.id

Mendapat kritik soal pekerjaan kadang bisa jadi hal yang menyebalkan. Tapi tak perlu buru-buru menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang tak menyenangkan. Si pemberi kritik tentu memiliki maksud dan tujuan dibalik kritikannya.

Begini trik menanggapinya:

1. Jangan Langsung Emosi

Tak perlu tersinggung saat mendapat kritikan. Usahakan tetap tenang dan cobalah melihat dari sudut pandang si pemberi kritik. Coba pahami alasannya, susun argumen yang efektif untuk menanggapi kritikannya.

Kritik Tak Selalu Buruk

Saat kamu mendapatkan kritikan, berarti kamu 'dilihat'. Bayangkan jika kamu tidak pernah mendapat kritik, bisa jadi karena orang lain menganggap kamu biasa-biasa saja.

Tunjukkan Perubahan Baik

Mendapat kritik berarti waktunya untuk melakukan introspeksi diri sejenak. Pahami maksud dari kritikan tersebut dan tunjukkan perubahan yang lebih baik karena ini akan berguna untuk perkembangan diri dan kariermu.

Abaikan

Memang ada kritik yang menjatuhkan dan ada kritik yang membangun. Saat mendapat kritikan negatif dalam pekerjaan, abaikan agar tak mengganggu pikiran kamu. Diam dan dengarkan saja tanpa perlu menghabiskan energi untuk menanggapi kritikan yang hanya akan membuang waktumu.

Kalau kamu dapat kritikan di tempat kerja?
Duh, bisa baper sih!
Gak dimasukin ke hati.
70 votes

Komentar

Fresh