PKL Oh PKL... | OPINI.id

Pedagang kaki lima adalah pemandangan umum yang seringkali ditemukan di Ibukota Jakarta. Sebenarnya apa sih PKL itu?

Pedagang Kaki Lima

Sebenarnya Pedagang Kaki Lima (PKL) itu nggak punya kaki lima, itu hanyalah istilah saja. PKL adalah kumpulan pedagang yang berjualan di atas trotoar jalan.

Para pedagang jenis ini biasanya tersebar di berbagai kota di seluruh penjuru negeri ini, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mobilitas masyarakat.

Pedagang Kaki Lima

Sebenarnya Pedagang Kaki Lima (PKL) itu nggak punya kaki lima, itu hanyalah istilah saja. PKL adalah kumpulan pedagang yang berjualan di atas trotoar jalan. Para pedagang jenis ini biasanya tersebar di berbagai kota di seluruh penjuru negeri ini, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mobilitas masyarakat.Sebenarnya Pedagang Kaki Lima (PKL) itu nggak punya kaki lima, itu hanyalah istilah saja. PKL adalah kumpulan pedagang yang berjualan di atas trotoar jalan. Para pedagang jenis ini biasanya tersebar di berbagai kota di seluruh penjuru negeri ini, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mobilitas masyarakat.

Di Jakarta, kehadiran Pedagang Kaki Lima bermula ketika Thomas Stamford Raffles, Gubernur Hindia Belanda

null

Awalnya ruas jalan yang lebarnya lima kaki untuk orang jalan tapi akhirnya warga menggunakannya sebagai tempat menjajakan dagangan.

null

Istilah trotoar selebar lima kaki disebut Five Foot Way, dan para pedagang di trotoar disebut sebagai Five Foot Way Trader.

null

Tapi sekarang PKL sudah ditertibkan karena dianggap menganggu para pengguna jalan.

null

Komentar

Fresh