M Untuk Mahfud MD? | OPINI.id

Nama Mahfud MD mengerucut di detik-detik akhir penentuan calon wakil presiden buat Joko Widodo (Jokowi). Kita tunggu apakah Mahfud MD yang akan dipilih Jokowi untuk maju di Pilpres 2019.

Jokowi Sebut Inisial M

Nama Mahfud MD sesuai dengan inisial nama cawapres yang sudah dikantongi Jokowi. Dalam berbagai kesempatan, Jokowi menyebut cawapres pilihannya berinisial M. Walaupun masih ada tokoh lain berinisial M yang juga potensial seperti: 1. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB. 2. Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang, Gubernur NTB. 3. Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum PPP 4. Ma'ruf Amin, Ketua MUI 5. Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan dan mantan Panglima TNI.

Didukung Yenny Wahid

Ketika nama Mahfud MD menguat masuk dalam bursa cawapres, anak tertua Gus Dur, Yenny Wahid langsung memberikan dukungan. Menurut Yenny Mahfud tokoh yang mumpuni karena punya pengalaman sebagai Menteri Pertahanan dan Ketua MK. Mahfud diangkat menjadi Menhan saat Presiden Abdurrachman Wahid/Gus Dur. Yenny dikabarkan juga melobi para petinggi PKB dan PBNU untuk menerima Mahfud MD.

Portofolio Lengkap

Mahfud MD bisa dibilang tokoh yang paling lengkap portofolionya di bidang politik dan hukum. Pernah di eksekutif sebagai menteri, legislatif jadi anggota DPR, dan di lembaga yudikatif sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Berikut profil singkatnya: Lahir: Sampang, Madura, 13 Mei 1957 Pendidikan: - Fakultas Hukum UII - Pascasarjana Ilmu Politik UGM - Doktor Ilmu Hukum UGM Pengalaman: - Menteri Pertahanan (2000-2001) - Menteri Kehakiman dan HAM (2001) - Anggota DPR (2004-2008) - Ketua MK (2008-2013) - Rektor Universitas Islam Kediri (2003-2006)

Pernah Jadi Timses Prabowo

Mahfud MD juga menjadi Ketua Tim Sukses pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa saat Pemilihan Presiden 2014 melawan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. So, udah lengkap banget deh kalau sekarang dia malah jadi pasangan Jokowi dan melawan Prabowo.

Komentar

Fresh