Wisata Gunung Rinjani Ditutup?Selamanya? | OPINI.id

Gempa yang terjadi berturut-turut di Pulau Lombok, berimbas pada wisata Gunung Rinjani. Dan hal tersebut mengakibatkan adanya penutupan jalur pendakian.

Apakah pendakian Gunung Rinjani akan ditutup dalam waktu lama atau selamanya?

Penutupan Jalur Pendakian Sampai Kapan?

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Sudiyono menjelaskan bahwa jalur resmi pendakian telah ditutup dari tanggal 29 Juli lalu. Mengingat adanya gempa berkekuatan 7 SR lusa lalu, penutupan pendakian pun diperpanjang. Jadi jangan khawatir nih buat yang suka naik gunung, soalnya penutupan ini hanya sementara. "Pendakian Rinjani telah ditutup dari tanggal 29 sampai waktu belum ditentukan. Bisa menunggu hingga selesai musim hujan sampai tahun depan," kata Sudiyono

Kondisi Jalur Sedang Dikaji

Kata Sudiyono, pihak PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) juga telah meninjau langsung keadaan tanah di kawasan wisata tersebut. Terkait tinjauan itu, dikatakan jika pada pengamatan awal, masih banyak jalur yang labil karena tanah yang retak. Dan juga ada indikasi tanah terbelah, disaat gempa terjadi. Pihak BTNGR mengatakan bila jalur pendakian Gunung Rinjani kini sedang dikaji terkait potensi longsoran. Selain itu, ada jalur pendakian yang tertutup, yaitu jalur dari Senaru dan Sembalun.

Kecewa gak nih pendakian ke Gunung Rinjani ditutup sampai akhir tahun?
Setuju dong, buat keselamatan
Nggak setuju sih
642 votes

Komentar (1)

Fresh