Penonton Bayaran, Dibalik Acara Meriah | OPINI.id

Penonton bayaran menjadi bisnis manis yang menggiurkan di dunia hiburan. Hal ini terkait sama kasus Elly Sugigi yang beberapa waktu lalu dilaporkan rekan bisnisnya Tessa Mariska, karena dirinya telah tertipu. Berikut fakta-fakta tentang jenis pekerjaan penonton bayaran, yang sering teriak-teriak meriah dibalik sebuah acara musik atau acara lainnya.

Gak Ada Yang Namanya 'Penggemar Sejati'

Bisanya pas lihat acara musik, ada beberapa penggemar yang datang dengan membawa spanduk atau poster besar artis yang hari itu menjadi bintang tamu. Tapi ternyata gak semuanya itu benar-benar penggemar si artis dan bisa dibilang mereka penggemar palsu. Bahkan Gak jarang mereka gak kenal sama si artis yang lagi tampil.

Penonton Bayaran 'Nyamar' Diantara Penonton Asli

Saat sebuah acara berlangsung, pihak penyelenggara sebisa mungkin menyembunyikan fakta bahwa ada banyak penonton bayaran di tengah-tengah mereka yang hadir. Kalau penggemar aslinya tahu mereka sedang bernyanyi bersama para penonton bayaran, pasti akan merusak suasana. Biasanya penonton bayaran dikoordinasikan dengan kode-kode khusus atau ada yang mengelola sendiri, seperti Elly Sugigi.

Penonton Bayaran Udah Dikasih Arahan

Buat memeriahkan acara dan membuatnya berjalan sesuai keinginan penyelenggara, si penonton bayaran ternyata udah dikasih dulu arahan sebelum acara. Misalnya, gimana cara buat tepuk tangan atau kapan saat yang tepat buat melambaikan tangan atau ikut berpartisipasi ke atas panggung.

Bayarannya Pun Berbeda, Tergantung Reaksi

Kadang penonton bayaran juga merupakan ajang promosi dari artis-artis tertentu. Para artis rela bayar lebih asal bisa dapetin reaksi penonton yang mereka inginkan dan membantu popularitas mereka. Misalnya, penonton diminta untuk tertawa terbahak-bahak saat mendengar lelucon artis atau menangis terharu saat mendengar alunan suara artis tersebut.

Gak Perlu Syarat Ini Itu Buat Jadi Penonton Bayaran

Gak perlu tuh syarat berat buat jadi penonton bayaran, gak perlu ijazah atau sertifikat. Kemampuan yang harus ditunjukkan adalah gimana bisa akting sesuai arahan dan gak malu melakukannya.

Kadang Penonton Bayaran Kena Pelecehan Verbal dan Non-Verbal

Ini nih yang bikin miris, kadang kalau kita lagi nonton acara-acara kaya vaerity yang udah tahu itu settingan, gak jarang si penonton bayaran kena pelecehan verbal dari si artis di atas panggung. Tapi tetep aja penonton bayaran mau benci juga gak bisa langsung nonjok si artis yang ngelecehin secara verbal atau non verbal, ya mau gimana lagi disitu si pembayar yang berkuasa.

Gimana nih minat jadi penonton bayaran?
Nggak deh, makasih
Leh ugha, lumayan dapet duit
475 votes

Komentar

Fresh