Viral, Gempa Tak Gentarkan Ibadah | OPINI.id

Beredar sebuah video media sosial facebook tepatnya di Musholla As-Syuhada, Denpansar saat sedang melaksanakan salat isya berjamaah.

Gempa Tak Hentikan Salat Jamaah

Musibah tidak ada yang tahu, seperti hal nya wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di kawasan Lombok Utara yang diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada hari Minggu (5/8/2018). Bahkan kekuatan gempa ini diprediksi bisa memunculkan tsunami. Tak hanya itu, gempa ini juga sudah menelan korban sebanyak 91 orang sampai saat ini. Nah, selain berita gempanya viral, ada juga kejadian video di media sosial yang viral. Isinya adalah siaran langsung salat isya berjamaah di Musholla As-Syuhada, Denpasar saat dilaksanakan salat isya berjamaah.

Kronologi Saat Terjadi Gempa

Gempa yang menghebohkan warga Lombok tersebut juga dapat dirasakan masyarakat yang tinggal di Pulau Bali. Akun Facebook Musholla As-Syuhada Blk yang beralamat di Denpasar, Bali, menyiarkan secara langsung suasana shalat di mushalla tersebut, saat gempa mengguncang. Dalam video tersebut tampak jamaah yang sedang menunaikan ibadah salat Isya. Seperti biasa, saat salat akan dimulai, imam memerintahkan para makmum untuk merapatkan shaf. Ibadah salat Isya berjalan lancar hingga pada rakaat pertama. Namun, pada rakaat kedua gempa mengguncang mushalla itu, hingga tubuh seluruh jamaah bergoyang dan nyaris jatuh. Goyangan mulai terasa saat imam akan menyelesaikan bacaan surat Al-Fatihah. Jamaah telihat berusaha menyeimbangkan diri. Namun saat goyangan terasa semakin kuat, beberapa jamaah terlihat meninggalkan shaf dan lari ke luar dari musholla. Beberapa kali terdengar suara gemeretak seperti benda jatuh. Namun sang imam tetap melanjutkan salatnya. Dengan tangan kiri berpegangan pada dinding, sang imam melafazkan ayat Kursi, bahkan mengulang kalimat pertama hingga tiga kali. Kalimat tersebut bermakna: "Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya." Beberapa jamaah terlihat tetap bertahan bersama sang imam. Sejumlah jamaah lain yang sempat lari, terlihat kembali mengisi shaf dan bersama-sama imam melanjutkan shalat Isya hingga akhir. Di bagian akhir video, beberapa jamaah yang sempat meninggalkan shaf terlihat berdiri untuk melanjutkan shalatnya yang sempat terputus akibat lari saat gempa. Hingga Senin (6/8/2018) pukul 1.45 WIB, video tersebut telah ditonton sebanyak 22 ribu tayangan dan mendapat 634 komentar dan 937 kali dibagikan.

Kamu sendiri kalau terjadi gempa, apa yang akan kamu lakukan ?
Ngumpet dibawah meja dong
Lari ke lapangan terbuka lah
0 votes

Kamu sendiri kalau terjadi gempa, apa yang kamu lakukan ?
Ya ngumpet dibawah meja
Lari ke lapangan terbuka dong
88 votes

Komentar

Fresh