Beasiswa Diputus Gara-gara Pindah Agama? | OPINI.id

Arnita Rodelina Turnip merasa diperlakukan tidak adil. Beasiswa kuliah di IPB diputus Pemkab Simalungun, Sumatera Utara tanpa alasan. Diduga karena dia pindah agama. Kasusnya lagi ditangani Ombudsman Sumatera Utara setelah orangtuanya mengadu.

Diputus Tanpa Alasan

Arnita dapat beasiswa kuliah di Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 2015. Tapi tiba-tiba beasiswanya diputus saat dia masuk semester kedua. Padahal, nilai-nilai memenuhi syarat. Di surat pemutusan beasiswa bagian alasan cuma ditulis tanda -.

Sempat Depresi

Ia mengaku sempat depresi dan menyalahkan diri sendiri karena pindah agama membuat hidupnya kacau. Tak dapat kiriman uang saku dan uang kuliah, bikin Arnita cari uang dengan mengajar di SD IT dan jualan donat.

Pindah Kuliah

Arnita akhirnya pindah kuliah ke Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) Jakarta angkatan 2017 atas bantuan teman dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Dia biayai uang kuliah sendiri dan diberi kelonggaran dalam proses pembayaran. Dia juga dapat tambahan dengan jadi koordinator Laboratorium Kewirausahaan Sosial & Filantropi Islam (LKSFI) UHAMKA dan mengajar privat.

Tetap Tuntut Hak di IPB

Arnita tak menyerah. Dia tetap menuntut haknya tetap bisa kuliah di IPB. Pihak IPB sudah memastikan dia bisa kuliah lagi karena ststuansya masih aktif sebagai mahasiswa. Hanya saja karena beasiswa dihentikan, ada tunggakan Rp 55 juta. Hingga saat ini masih diusahakan beasiswa Arnita bisa diaktifkan lagi sehingga dapat melanjutkan kuliah.

Komentar (2)

Fresh