Unik Tapi Dilarang di Dunia Olahraga ? | OPINI.id

Dunia olahraga adalah dunia yang punya banyak sekali aturan yang cukup keras. Para atlet dituntut harus selalu siap menerima hukuman berat kalau sampai para atlet tersebut melanggar aturan. Nah, dari sekian banyak aturan yang harus selalu ditaati, ada beberapa larangan yang terdengar cukup aneh. Larangan apa aja? Check this out !

Media Sosial

Atlet juga manusia biasa, mereka pasti punya akun media sosial. Akan tetapi para pemain NBA dilarang keras menggunakan media sosial selama pertandingan berlangsung, 45 menit sebelum, dan sesudah pertandingan. Banyak yang menyatakan bahwa aturan ini tidak cocok sama kehidupan zaman sekarang, tetapi banyak juga yang mendukung aturan ini. Yah mungkin tujuannya agar para atlet fokus. Enggak lucu kan kalau timnya kalah gara-gara ada atlet yang galau setelah melihat media sosial, hehehe

Inhalers

Beberapa cabang olahraga melarang penggunaan inhalers termasuk NFL dan NBA. Sebenarnya ada banyak orang yang butuh inhalers buat mengatasi asma atau sesak nafas tetapi aturan ini tetap diberlakukan. Alasannya karena dikhawatirkan atlet yang sebenarnya sehat memanfaatkan inhalers buat nambah kapasitas paru-paru. Misalnya ini terjadi di olahraga renang, pastinya banyak menguntungkan salah satu pihak.

Kaos atau Jersey

Kamu mungkin sudah tahu aturan ini tapi kamu merasa gak sih kalau ini tuh aturan yang cukup aneh. Pada tahun 2003 lalu, FIFA mengeluarkan aturan bahwa pemain bola dilarang lepas kaos atau jersey saat selebrasi goal. Aturan ini dibuat karena ada beberapa sponsor yang protes. Mereka merasa tindakan para atlet melepas jersey itu dianggap tidak layak ditayangkan di Televisi.

Logo Brand

Ada banyak sekali perusahaan yang sangat menginginkan logo mereka tampil di atribut yang dipakai para atlet. Namun sayangnya, ada sebuah aturan yang cukup mengejutkan. Para pemain NBA dilarang menunjukkan logo apapun saat mereka bertanding. Logo cuma boleh ada di sepatu.

Tanda tangan

Seharusnya menjadi hal yang wajar kalau para atlet memberikan tanda tangan mereka ke para penggemarnya. Yang menjadi tidak wajar dan dilarang keras adalah saat para atlet menjual tanda tangannya. Sudah ada beberapa para atlet yang ditegur, diskors, dan mengalami masalah hukum akibat mereka di duga menjual tanda tangan ke para fans.

Gimana nih menurut kamu apakah setuju dengan aturan tersebut ?
setuju dong
enggak deh
5379 votes

Komentar (4)

Fresh