Tips Mengatasi Gaya Hidup Alay | OPINI.id

Gaya hidup itu tidak murah. Bahkan sering terjadi, pada sejumlah orang gaya hidup menyedot sebagian pendapatan. Nah, jika kamu merasa gaya hidupmu tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji bulanan, ada baiknya berubah. Gaya hidup yang tak sesuai dengan pendapatan dampaknya tidak akan terlalu terasa saat ini, tetapi tentu tidak baik untuk jangka panjang. Oleh sebab itu, segera lawan ego dan selamatkan keuanganmu. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Buat rencana anggaran

Susun anggaran keuangan dengan baik. Buat jumlah minimal tabungan yang wajib kamu sisihkan setiap bulan. Tabungan itu harus meliputi tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Ada baiknya memisahkan uang tabungan dari gaji terlebih dahulu, baru menggunakan sisanya untuk pengeluaran. Sesuaikan gaya hidupmu dengan jumlah uang sisa tersebut. Jika tabungan sudah dianggarkan, pilihlah instrumen tabungan yang menguntungkan, seperti IPOTPAY, aplikasi tabungan online modern yang memberikan imbal hasil up to 10% pertahun dan dapat dinikmati harian. Di IPOTPAY ada banyak pilihan reksadana, salah satunya Mandiri Investa Pasar Uang. Mandiri Investa Pasar Uang adalah reksadana pasar uang yang merupakan investasi jangka pendek, dimana portofolionya terdiri dari instrumen pasar uang dan efek bersifat utang pilihan yang memberikan potensi keuntungan maksimal.

2. Tambah pemasukan

Bekerjalah dengan lebih giat. Contohnya dengan mengambil lembur, pekerjaan sambilan di akhir pekan atau berbisnis. Bila pendapatanmu bertambah maka uang yang bisa kamu pakai untuk memenuhi pengeluaran pun bertambah. Pastikan pemasukanmu bisa mengimbangi gaya hidupmu.

3. Kurangi pengeluaran

Bila menambah penghasilan tidak memungkinkan, potong pengeluaran, terutama pengeluaran tersier, misalnya mengurangi makan di luar, mengurangi frekuensi belanja, mengganti liburan yang mahal dengan liburan menarik yang tidak memerlukan banyak uang, dan lain-lain. Pada pilihan ini, gaya hiduplah yang menyesuaikan pemasukan. So, mengubah gaya hidup memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun, jika kamu mulai menurunkan standar gaya hidup sesuai pendapatan, kamu akan terkejut dengan betapa banyaknya uang tabungan yang bisa kamu kumpulkan. Selain itu, kamu akan mendapat perasaan tenang karena kondisi finansialmu menjadi lebih sehat.

Komentar

Fresh