Yuk, Ketahui Sejarah Tentang Mobil | OPINI.id

Pada artikel kali ini, Quipper Video Blog akan membahas mengenai sejarah penemuan mobil, juga perkembangannya seiring berjalannya waktu. Penemu mobil tentunya tidak dapat disematkan pada satu orang saja. Sebab, lahirnya teknologi itu merupakan serangkaian temuan dari satu penemu ke penemu lainnya hingga akhirnya terlahir teknologi automotif. Biar kamu tidak penasaran dengan ulasan sejarah penemuan mobil, yuk, disimak ulasannya!

1. Berawal Dari Mimpi

Sejarah penemuan mobil berawal dari sebuah mimpi atau impian. Impian itu ialah manusia dapat menjelajah daratan dengan mudah, nyaman, dan tidak bergantung dengan hewan lainnya. Bahkan, angan-angan itu sudah ada sejak era Yunani Kuno. Hal itu ditandai dengan adanya konsep tentang teknologi automotif dalam buku berjudul Iliad yang ditulis oleh Homer. Angan-angan itu kemudian diterjemahkan oleh Leonardo da Vinci sebagai kendaraan yang bergerak otomatis. Ia menerjemahkan ide itu dalam sketsa karyanya pada abad ke 15.

2. Muncul Berbagai Konsep Pada Awal 1700-an

Pada tahun 1714 muncul ide untuk melajukan gerobak dorong dengan menggunakan tenaga angin. Ide gerobak tenaga angin itu pun menginspirasi seorang pendeta sekaligus peneliti asal Swiss, J.H. Genevois mencetuskan idenya mengenai kendaraan darat tenaga angin. Pengembangan dari ide tersebut dilakukan oleh Otto von Guericke, seorang fisikawan asal Jerman. Ia menemukan pompa angin untuk ide kendaraan otomotif bertenaga angin. Guericke pun dapat disebut sebagai orang pertama yang menemukan teknologi piston. Setelah Guericke, beberapa peneliti lain pun mencoba membuat rancangan kendaraan otomotifnya, seperti Christiaan Huygens dan Denis Papin.

3. Masa Revolusi Industri (1750-1850)

Salah satu ilmuwan yang memiliki andil besar pada perkembangan teknologi otomotif pada masa ini ialah Nicolas Joseph Cugnot dari Perancis. Cugnot melalui serangkaian percobaan dan penelitiannya, pada tahun 1769 berhasil membuat purwarupa kendaraan roda tiga bermesin uap. Setelah Cugnot, William Murdock, insinyur dari Inggris membuat mesin uap yang jauh lebih canggih pada tahun 1784. Mesin uap yang dibuatnya merupakan hasil kerja sama dengan James Watt. Akhirnya, Oliver Evans, peneliti dan insinyur asal Amerika Serikat, pada tahun 1789 berhasil membuat dan mematenkan kendaraan otomotif bermesin uapnya.

4. Lahirnya Mesin Berbahan Bakar Bensin

Semakin besarnya minat masyarakat pada kendaraan otomotif bermesin uap menyebabkan banyak orang yang berusaha mengembangkan teknologi otomotif. Pada tahun 1886, Karl Benz dan istrinya, Bertha Benz, mencatatkan sejarah baru di dunia otomotif. Keduanya dapat dikatakan sebagai pelopor lahirnya kendaraan otomotif berbahan bakar bensin. Melalui perusahaannya, BENZ & Co, sekarang perusahaan itu bernama Mercedez-Benz, pasangan suami istri itu mematenkan temuannya, yakni mobil berbahan bakar bensin. Keuletan dan konsistensi Karl dan Bertha di dunia otomotif itu membuat keduanya dikenal sebagai sosok pencetus kendaraan mobil modern. Penulis: Muhammad Khairil Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/sejarah-penemuan-mobil/

Komentar

Fresh