JPO HI Dirobohin? Gak Usah Ribut! | OPINI.id

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran HI, Jakarta Pusat dirobohkan. Alasannya pak Anies Baswedan, karena dianggap menganggu estetika. Jadi gak usah ribut dulu, mendingan dibaca dulu nih storiesnya.

Selamat Tinggal JPO, Semua Demi Keindahan Ibukota

Ada yang pro dan ada juga yang kontra terhadap awal rencana perobohan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Meski ada pro dan kontra, akhirnya JPO ini dibongkar juga. Masyarakat yang kontra dengan hal ini beranggapan kalau jembatan sering digunakan oleh banyak orang. Sedangkan dari sisi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. JPO ini dianggap menganggu pemandangan dari Monumen Selamat Datang. Tujuannya agar saat Asian Games 2018 berlangsung, baik atlet maupun wisatawan bisa melihat tugu yang dibangun sejak Asian Games pada 1962 lalu. Namun perobohan JPO ini juga diapresiasi oleh koalisi pejalan kaki. Soalnya, dianggap gak ramah bagi penyandang disabilitas dan juga orang yang sudah tua. Apalagi pihak Anies Baswedan mengganti JPO dengan Pelican crossing.

Plus Minus Hancurnya JPO

Selain mengganggu estetika pemandangan jelang Asian Games 2018, JPO juga dianggap gak pro sama pejalan kaki terutama para penyandang disabilitas. Oleh karena itu Anies Baswedan pun merobohkannya. Meski diberikan penggantinya yaitu pelican crossing, arus lalu lintas yang semula biasa jadi tersendat. Lantaran, banyak pejalan kaki yang harus menyebrang. Meski begitu, terlihat juga para petugas Disub DKI yang menghentikan arus lalu lintas ketika arus terpantau cukup lenggang. Ada dua bagian petugas Dishub DKI yang membantu menyeberangkan. Pertama, dari titik dekat Hotel Grand Hyatt menuju pembatas jalan. Kedua, dari titik pembatas jalan menuju Hotel Pullman. Sudah ada celah untuk pejalan kaki di tengah pembatas jalan itu, permukaannya juga sudah dipaving. Ada pula pelican crossing di sini, namun alat penyeberangan ini belum berfungsi sepenuhnya, sehingga petugas Dishub membantu menyeberangkan warga secara manual.

Pilih pakai JPO apa Pelican Crossing?
JPO aja
Pelican Crossing gak capek
707 votes

Komentar (2)

Fresh