Indonesia Krisis Air | OPINI.id

Sst... tanpa disadari Indonesia saat ini sudah diambang krisis air

Mampukah Kita Hidup Tanpa Air?

Ada beberapa ilmuwan yang mengatakan jika manusia bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air bila berada di luar ruangan. Tetapi faktanya justru mengatakan, manusia malah bisa bertahan hidup tanpa makan dibanding tanpa air.

Itu karena 60 persen dari tubuh manusia terisi dengan air. Air sendiri fungsinya sebagai pelumas sendi, dan juga pengatur suhu tubuh lewat keringat dan pernafasan.

Randall K. Packer seorang Profesor Biologi di Universitas George Washington mengatakan jika ada seorang bisa bertahan tanpa minum selama satu minggu itu hebat. Soalnya, paling standar manusia hanya bertahan tanpa minum selama tiga dan empat hari saja.

99 persen lebih jumlah air di bumi adalah air asin atau beku yang nggak bisa digunakan buat minum,mandi, bahkan menyiram tanaman.

null

Benarkah Krisis Air Sudah di Depan Mata?

Bisa dikatakan Indonesia sedang diambang krisis air. Seperti diketahui, saat ini 99 persen air di bumi gak bisa dipakai, akhirnya manusia cuma bisa menggunakan 1 persen saja air bersih.

Peringatan Hari Air Sedunia tiap 22 Maret kemarin, mengingatkan kembali fenomena krisis air yang mengglobal. Indonesia khususnya saat ini sedang alami krisis air.

Menurut Dirut kehutanan dan konversi sumber daya air badan perencanaan pembangunan nasional basah Hernowo. Air permukaan Pulau Jawa terus menyusut. Saat ini hanya ada sebesar 4,2 persen. Padahal, ada 57,6 persen penduduk tinggal di Pulau Jawa dan jumlah penduduk itu akan terus bertambah.

Komentar

Fresh