Pelat Nomor Hitam Bakal Jadi Putih? | OPINI.id

Pelat nomor warna hitam yang sudah lama digunakan, rencananya bakal diganti jadi warna putih seperti di negara-negara lain, kira-kira Kenapa perlu diganti ya?

Sudah Diskusi dengan Kemenhub

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan bahwa Kemenhub sudah diajak diskusi oleh Korlantas Polri terkait rencana ganti warna pelat nomor kendaraan. Perbincangan itu hanya sebatas pemberitahuan rencana tersebut, mulai waktu pelaksanaan sampai pilihan warna dasar pada nomor polisi mobil dan sepeda motor.

Alasan Diubah Jadi Putih

Dijelaskan jika warna pelat nomor yang digunakan sekarang ini menurut pihak Korlantas Polri terlalu gelap, apalagi ketika malam hari jadi kurang terlihat. Tulisan di pelat hitam juga sulit terbaca, karena kedepannya sistem tilang dll, akan menggunakan CCTV atau sesuai dengan penegakan electronic law enforcement.

Gimana Penerapannya?

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa pernah mengatakan bahwa penerapan akan dilakukan pada 2019. Tahap awal untuk kendaraan baru, kemudian untuk mobil atau sepeda motor bekas dilakukan ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Kira-kira kamu setuju gak nih pelat nomor diganti jadi warna putih?
Setuju aja
Hmm bimbang nih
Nggak, udah hitam aja
235 votes

Komentar

Fresh