APBD Setengah Miliar Buat Redam Bau Kali | OPINI.id

Netizen mengkritik ide Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memasang jaring di sepanjang kali item guna menutupi warna dan menyamarkan baunya. Bukan karena 'bad idea' dan bukan win win solution aja yang jadi sorotan. Ternyata harga untuk memasang jaring ini terbilang sangat fantastis sekali!

Setengah Miliar Dana APBD Cuma Buat Jaring?

What! Kebayangkan kalian, uang setengan miliar yang diambil dari APB 2018 ternyata cuma dibuang untuk membeli jala alias jaring berwarna hitam yang digunakan untuk menutupi kali sentiong alias kali item. Tujuan Pemrov menutup kali item dengan jaring adalah agar aromanya gak tercium sampai Wisma Atlet Kemayoran dan menganggu kenyamanan para atlet Asian Games 2018 di sana. Namun, Sandiaga Uno membocorkan harganya. Menurutnya total pengeluarannya sebesar Rp 580.833.000. Uang ini dibagi dalam tiga segmen. Segmen pertama pemasangannya sepanjang 240 meter dengan anggaran Rp 192.232.000. Kemudian segmen kedua juga sebesar Rp 192 juta untuk ukuran yang sama. Dan segmen ketiga sebesar Rp 196.369.000 untuk pemasangan waring sepanjang 246 meter. "Ini menggunakan APBD 2018 dilaksanakan secara swakelola di Dinas SDA," ujar Sandiaga.

Kali Item Adalah Warisan Pemerintahan Sebelumnya

Oh begitu ya pak! Oke deh... Menurut Pak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kali item yang ada dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat adalah warisan dari pemerintahan sebelumnya. "Jika yang mengelola Jakarta dulu memperhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item. Ini karena (Kali Item) dulu enggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item," ujar Anies. Sebagai solusi jangka panjang, Pemprov DKI Jakarta pun berencana membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Anies menyampaikan, tahun ini akan dibangun 10 IPAL komunal di Jakarta.

Kamu setuju gak kalau uang APBD 2018 digunakan untuk beli jaring item ini?
Gak lah bukan solusi
Setuju aja, yang penting bagu
2062 votes

Komentar (25)

Fresh