Pesona Mata Biru Dari Buton | OPINI.id

Di Indonesia tepatnya di desa Kaimbulawa, Buton Selatan ada orang-orang bermata biru loh..

Peneliti bernama La Ode Yusrie berhasil menemukan suku Indonesia bermata biru.

null

Terkuak! Suku Bermata Biru Memang Ada di Indonesia

Indonesia memang dikenal punya banyak suku, tapi kalau bicara soal fisik terutama tampilan warna bola mata, sudah pasti ciri khas kita berwarna hitam atau coklat.

Tapi, ternyata Indonesia juga punya orang yang memiliki iris mata biru layaknya orang Eropa. Peneliti bernama La Ode Yusrie pun berhasil membuktikannya. Ia berhasil bertemu dengan seorang pedagang dari Pulau Siompu Sulawesi Tenggara bernama Umar.

Awalnya sih mau melakukan identifikasi benteng-benteng guys. Tapi mendadak, Yusrie fokusnya berubah jadi kepada masyarakat bermata biru di Sulawesi Utara.

Yup, manusia mata biru berada di pulau Siompu. Pulau ini masuk kecamatan dalam wilayah kabupaten Buton Selatan.Di pulau inilah masyarakat mata biru tinggal di pegunungan Desa Kaimbulawa yang terbilang jauh dari pusat kecamatan Siompu Timur.

Cikal Bakal Manusia Mata Biru Buton

Tubuh tinggi, rambut pirang, kulit putih, serta iris mata berwarna biru. Mungkin ciri-ciri ini bukanlah orang Indonesia, tetapi kenyataannya justru itu adalah ciri-ciri manusia mata biru dari Buton. Berdasarkan informasi yang didapatkan Yusril dari warga Desa Kaimbulawa bernama Dala.

Mata biru adalah bukti kedekatan warganya sama negara Portugis. Di abad 16, sekitar tahun 1600-an. Pulau Siompu jadi tempat singgah para pelaut dari Eropa.

Salah satunya negara Portugis. Kedatangan mereka jauh sebelum Belanda tiba. Sebagai bentuk persahabatan, terjadilah pernikahan antara warga Siompu dan Portugis. Gadis yang dipersunting bernama Waindawula. Gadis itu adalah cucu dari La Laja, seorang bangsawan Wolio.

Suku bermata biru ternyata termasuk keturunan bangsawan

null

Saat ini hanya tersisa 10 orang yang bermata biru yang mayoritasnya kebanyakan petani.

null

quote-mark

hi

Komentar

Fresh