Trend In My Feelings challenge Bahaya ! | OPINI.id

Lagi-lagi dunia maya kini tengah dihebohkan oleh sebuah trend tantangan yang disebut 'In My Feelings' challenge. Tantangan ini pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat. Hati-hati jangan pernah melakukan tantangan #InMyFeelings di Uni Emirat Arab !

Apa itu In My Feelings Challenge ?

Tantangan #InMyFeelings merupakan satu tantangan yang sedang populer di kalangan pengguna media sosial saat ini. Pertama kali dipopulerkan oleh kreator asal Amerika Serikat (AS) Shiggy di akun Instagram miliknya @theshiggyshow yang terinspirasi dari lagu berjudul In My Feelings yang dipopulerkan penyanyi dan rapper asal Kanada, Drake. Ide dari tantangan #InMyFeelings adalah keluar dari dalam mobil yang sedang melaju pelan, membuka pintu dan menari di samping mobil yang masih bergerak. Kemudian video tarian direkam dari dalam mobil yang bergerak. Tantangan #InMyFeelings sedang banyak ditirukan oleh orang di seluruh penjuru dunia untuk kemudian diunggah ke media sosial. Beberapa mengikuti tantangan ini dengan sukses, namun lainnya ada yang sempat jatuh dan terjerembab.

Larangan In My Feelings di UEA

Hati-hati bagi traveler yang kecanduan tantangan #InMyFeelings, jangan pernah melakukannya di Uni Emirat Arab. Otoritas Uni Emirat Arab (UEA) telah mengeluarkan larangan melakukan tantangan sebuah tarian yang tengah viral tersebut. Tantangan ini, oleh otoritas UEA dianggap dapat memicu kecelakaan dan membahayakan orang lain, sehingga kemudian dilarang untuk dilakukan di wilayah Emirat. Warga yang kedapatan melanggar larangan ini akan dijatuhi hukuman mulai dari denda sebesar 2.000 dirham UEA (sekitar Rp 7,8 juta), mendapat 23 poin hitam pada Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga kendaraan yang disita selama 60 hari. "Undang-undang larangan ini memberi kewenangan kepolisian untuk menahan siapa pun pihak yang mengendarai kendaraan mereka dengan cara yang berbahaya bagi masyarakat," kata pengacara Emirat, Yousuf al-Bahar kepada situs berita online. Melansir dari Al Arabiya, warga yang masih nekat menirukan tantangan ini dapat dituntut menggunakan Undang-undang Federal nomor 12 tahun 1995. Selain itu, ditambah dengan undang-undang Federal Penal Code nomor 3 1987 tentang membahayakan hidup orang lain. "Polisi dapat menahan dengan tuduhan menyebabkan cedera atau kematian pada pihak lain." "Atau mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan dan kehilangan kendali atas kendaraan," kata Bahar. Letnan Kolonel Jamal Salem Al Ameri, pakar lalu lintas di Abu Dhabi, mengatakan kepada surat kabar Emarat Al Youm, pengendara yang masih melakukan tantangan tersebut akan dapat dihukum dengan undang-undang lalu lintas UEA. Dia turut menekankan, individu harus mematuhi peraturan keselamatan dalam berlalu lintas, serta tak lupa mengenakan sabuk pengaman dan menghindari keluar dari kendaraan saat masih melaju dengan alasan apa pun.

Bahaya Tantangan In My Feelings

Hal ini pun dialami pula oleh penyanyi muda Indonesia Hanin Dhiya. Penyanyi berusia 17 tahun ini mengikuti 'In My Feelings' challenge sebab video klip remake lagu 'Pupus' miliknya tembus tiga juta penonton. Namun malang bagi Hanin Dhiya, tantangannya tak berjalan mulus. Ia jatuh terjerembab ketika tengah melakukan tantangan tersebut. Beruntung, ia tak mengalami cedera atau terluka. Seorang polisi asal Methuen, Amerika Serikat mengingatkan akan bahaya tantangan ini, "Tinggal tunggu waktu sebelum ada laporan seseorang terseret mobil yang sedang melaju atau menabrak seseorang di jalan sementara supir tengah sibuk merekam aksi temannya yang menari di jalan," tutur Joseph Solomon, Kepala Kepolisian Methuen, Massachusetts, AS. Bahkan dalam beberapa video, bukan penumpanglah yang turun dan menari, namun si supir itu sendiri sehingga mobil berjalan tanpa ada yang mengendarai. Hal ini tentu membahayakan, tak hanya bagi pengendara dan penumpang mobil, namun juga bagi orang lain yang kebetulan melintasi jalan tersebut. "Pengendara lain mungkin berpikir 'mengapa orang ini berkendara dengan sangat lambat?' dan tak melihat bahwa ada orang lain di luar mobil kemudian bang menabraknya ketika mencoba menyalip. Ketika temannya jatuh, yang terjadi adalah supir menjadi panik dan hilang fokus, mereka tak langsung mengerem mobil dan justru yang sering terjadi adalah menginjak gas sehingga mobil melaju makin kencang dan menyeret orang yang terjatuh. Kalian bisa kehilangan nyawa karena tantangan ini," tambahnya. Lebih lanjut, Solomon mengerti jika orang-orang hanya ingin bersenang-senang. Namun ia menyarankan untuk melakukan tantangan ini ketika mobil dalam keadaan mati dan di tempat-tempat yang aman, misalnya lahan parkir yang tak ramai.

Gimana nih menurut kamu apakah kamu tertarik tuk mencoba In My Feelings Challenge tersebut ?
hmm boleh di coba
oh tidak, makasih
2139 votes

Komentar (2)

Fresh