Kesepian VS Sendirian | OPINI.id

Setiap orang tentu pernah merasa kesepian. Kesepian bukan hanya merasa tengah sendiri, tapi menghindari kehidupan sosial seperti berkumpul dengan teman. Nah, ternyata, kesepian bisa menjadi masalah serius loh. Lebih tepatnya berbahaya bagi kesehatanmu.

Kesepian VS Sendirian

Kesepian dan sendirian adalah dua hal yang berbeda. Orang yang sendirian tidak selalu merasakan kesepian. Anda dapat berjalan-jalan sendiri menikmati tempat wisata atau duduk berjam-jam membaca buku favorit Anda tanpa merasa sedih atau takut. Tetapi, ketika Anda merasakan kesepian, Anda akan diliputi perasaan negatif yang membuat diri Anda mengalami kepedihan atau kesunyian meskipun sedang berada di tempat yang ramai. Anda juga merasa tidak diperhatikan atau dilihat keberadaannya oleh orang lain. Dalam bukunya yang berjudul “Loneliness: Human Nature and the Need for Social Connection” , John Cacioppo dan William Patrick menemukan fakta bahwa kesepian pun dapat ditemui pada orang-orang yang terlihat normal. Bahkan, seseorang yang berpenampilan menarik, pintar, atau mudah bergaul dan memiliki banyak koneksi bisa saja sedang merasakan kesepian. Rasa sepi bisa dirasakan oleh semua orang, bahkan orang yang sudah menikah sekali pun. Seperti yang diungkapkan neuroscientist University of Chicago, Stephanie Cacioppo. Berdasarkan penelitian yang dilaporkan Cigna, setengah dari 20.000 responden mengaku sering dan bahkan selalu merasa kesepian.

Akibat Kesepian

Data juga menyebutkan kesepian dapat memengaruhi kesehatan, seperti berdampak buruk pada jantung. Rasa sepi wajib diperhatikan, sama hal nya seperti gangguan kesehatan fisik, kesepian juga dapat mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang, rasa sepi dapat membuat seseorang berpikir negatif. Rasa sepi dan pikiran ini dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Seperti yang diketahui, depresi ini dapat menyebabkan seseorang memilih untuk mengakhiri hidupnya. Selain menghindari rasa sepi dan kesepian, kamu juga perlu mengendalikan dalam penggunaan media sosial. Seperti yang diungkapkan American Journal of Preventive Medicine, orang yang menghabiskan lebih dari dua jam di media sosial dalam sehari terisolasi dua kali lebih banyak dibanding mereka yang bersosial media selama 30 menit atau kurang.

Cara Menyiasati Kesepian

Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap diri sendiri, memahami alasan di balik rasa sepi yang Anda alami, mengukur rasa kesepian Anda dengan menjalankan tes UCLA Loneliness Inventory, atau bisa juga mengunjungi terapi atau kelompok tertentu yang dapat membantu. Carilah waktu untuk berkumpul bersama orang-orang yang Anda kasihi, seperti keluarga, sahabat atau pacar. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan, mulai dari jalan-jalan, menonton film, karaoke atau ke tempat wisata bersama. Latihlah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, menghadapi perasaan-perasaan negatif dan mengelola rasa kesepian Anda. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri untuk selalu memiliki hidup yang sempurna dan kenyataan yang harus selalu sesuai dengan harapan Anda. Melawan rasa kesepian membutuhkan jiwa yang kuat dan keteguhan dalam hati. Orang mungkin bisa berkomentar dan memberikan saran pada Anda. Tapi, jika diri Anda sendiri tidak merasa terbuka dan tidak mau berubah, siapa lagi yang bisa menolong Anda?

Gimana nih apa kamu sering merasa kesepian atau sendirian ?
kesepian
hmm sendirian
69 votes

Komentar

Fresh