4 Pilar Kemerdekaan Finansial Buatmu | OPINI.id

Sebentar lagi kita akan merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Usia yang tidak muda lagi, bukan? Meski sudah merdeka sejak lama, ternyata masyarakat Indonesia banyak yang belum merdeka secara finansial. Berdasarkan Hukum Pareto, baru 20 persen masyarakat Indonesia yang mencapai kemerdekaan finansial. Sejatinya, kemerdekaan finansial dapat diartikan saat seseorang berhasil mencapai tujuan keuangan yang mencakup 4 pilar berikut ini:

1. Dana Pendidikan Anak

Masih muda kok sudah memikirkan tentang pendidikan anak? Tunggu dulu! Jadikan ini sebagai salah satu tujuan yang ingin kamu capai setelah menikah, misalnya untuk 10 atau 15 tahun ke depan. Dengan begitu, kamu masih punya banyak waktu untuk rutin berinvestasi sejak dini.

2. Dana Pensiun

Merdeka secara finansial memang sebaiknya nggak cuma bisa kamu nikmati selagi muda, tapi sampai tua nanti. Untuk meraihnya, tentu kamu harus bisa menyisihkan penghasilan untuk investasi sejak dini. Kebiasaan baikmu sejak muda dapat memberikan imbalan yang begitu bermanfaat di masa depan, lho.

3. Proteksi dengan Asuransi

Merdeka secara finansial tentu belum lengkap, jika kamu nggak dilindungi dengan asuransi. Meski kita sudah melakukan segala hal dengan baik, namun yang namanya musibah seperti kecelakaan bisa terjadi kapan dan di mana saja. Asuransi bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan meringankan beban finansialmu saat terjadi kecelakaan.

4. Berinvestasi

Siapa bilang kamu nggak bisa meraih kemerdekaan finansial selagi muda. Kemerdekaan finansial juga dapat diartikan sebagai kondisi dimana kamu sudah nggak bergantung lagi secara keuangan kepada orang lain. Semakin dini kamu berinvestasi maka semakin dekat pula kamu dengan kemerdekaan finansial. Untuk itu kami bisa memulainya dengan investasi reksadana yang memberikan imbal hasil up to 10% per tahun hanya modal terjangkau mulai Rp 100.000 saja! Nah, kalau mau investasi aman, mudah, dan cepat secara online, IPOTPAY menawarkan banyak pilihan reksadana, salah satunya Mandiri Investa Pasar Uang. Mandiri Investa Pasar Uang memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik.

Komentar (2)

Fresh