Kamu Harus Tau Fakta Api Abadi Mrapen | OPINI.id

Daripada kita obrolin hal-hal yang justru memperhambat berlangsungnya Asian Games 2018, lebih baik cari tahu fakta api abadi Mrapen sumber api di obor Asian Games.

Api Asian Games Adalah Api Abadi?

Asian Games 2018 tinggal menghitung hari saja. Sebelum dimulai, ada beberapa rangkaian acara yang pastinya diselenggarakan. Salah satunya kirab obor Asian Games. Obor ini akan dibawa ke 18 provinsi di Indonesia. Uniknya, api obor ini gak dinyalakan pakai korek api seperti biasanya, melainkan dari sumber api di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Api ini adalah api abadi Mrapen, sumber api yang membakar obor tersebut. Ternyata, api abadi Mrapen ini juga pernah digunakan untuk event nasional dan internasional seperti Games of the New Emerging Forces 1, dan PON.

Sejarah dan Asal Usul Api Abadi Mrapen

Api ini sudah ada guys sejak dahulu, kisaran 1500-1518 M, saat kerajaan Majapahit ditaklukkan Kesultanan Demak Bintoro. Tepatnya saat Sunan Kalijaga yang kala itu memimpin Demak. Saat itu, Sunan Kalijaga beserta rombongan pergi ke suatu tempat. Di Tengah perjalanan tepatnya di Mrapen, mereka memutuskan untuk beristirahat karena lelah dan haus. Sayangnya, di lokasi peristirahatan tidak ada sumber air. Akhirnya Sunan Kalijaga melakukan semedi untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan air. Setelah itu, Sunan Kalijaga menancapkan tongkat yang dibawanya ke tanah. Tapi yang keluar bukanlah api, melainkan air. Kemudian Sunan Kalijaga mencoba menancapkan tongkatnya sekali lagi dan barulah keluar sumber air yang jernih. Beda cerita dengan versi ilmu pengetahuannya. Menurut para ilmuwan, peristiwa ini merupakan fenomena geologi alam, yaitu keluarnya gas dari perut bumi yang menyebabkan keluarnya api ketika terkena angin.

Kamu lebih percaya cerita rakyat apa ilmu pengetahuan?
Cerita, orang dulu sakti sih!
Ilmu pengetahuanlah
206 votes

Komentar

Fresh