Sistem Zonasi di Sekolah Swasta | OPINI.id

Sistem Zonasi yang diterapkan di setiap sekolah sempat menuai pro dan kontra di kalangan para orang tua murid. Bahkan sampai pura-pura miskin demi sekolah.

Ini kata Medikbud

Mendikbud Muhadjir Effendy memastikan kalau sistem zonasi tidak akan mematikan sekolah negeri karena masyarakat menjadi beralih ke sekolah swasta. Dia menganggap jika sistem zonasi justru akan menumbuhkan keduanya, sebab masyarakat diberikan keleluasaan untuk memilih mau sekolah dimana. Mendikbud bakal mastiin kalau Pemerintah bakal tetap menentukan standar pelayanan minimum di seluruh negeri. Sehingga ada pemerataan kualitas dan bisa bersaing sama sekolah swasta. "Nah, negara harus memiliki standar pelayanan minimum di semua sekolah negeri. Jadi tidak ada masalah masyarakat yang lari ke swasta karena mereka ingin mendapat pelayanan yang lebih. Itu pilihan dia," ujarnya.

Tidak bersifat wajib

Mendikbud Muhadjir mengungkapkan kalau sistem zonasi yang diterapkan di swasta tidak bersifat wajib. Pihak sekolah diberikan keleluasaan untuk memutuskan. "Kalau dia (sekolah swasta) mau masuk zonasi, maka harus ikut aturan. Kalau tidak mau, ya silakan, tapi tidak boleh dapat bantuan-bantuan dari Pemerintah. Jadi ke depan kita memang harus beri perhatian ke sekolah swasta (ikut zonasi) karena tanggung jawab pemerintah membina mereka dan mengawal kualitas dia," terangnya. meskipun begitu, penerapan sistem zonasi di sekolah swasta masih bakal dikaji.

Menurut kamu perlu gak sekolah swasta kena sistem zonasi juga?
Perlu lah
Nggak usah lah
43 votes

Komentar (2)

Fresh