Pecatur Cilik Indonesia Sang Juara Dunia | OPINI.id

Atlet Indonesia lagi-lagi mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia. Kali ini giliran dari atlet catur Samantha Edithso yang merupakan atlet catur muda Indonesia.

Fakta Menarik Samantha Edithso

Lahir pada 2008, Samantha sudah memiliki prestasi yang gemilang. Dia meraih medali emas pada Kejuaraan Antar Pelajar Asia ke-13 di Tiongkok pada Juli 2017 lalu. Prestasi Samantha Edithso ini menjadi sangat istimewa karena dirinya berani bermain empat tingkat di atas kelompok umurnya. Tahun lalu, dia ikut kejuaraan antar-pelajar di kelompok U-17. "Waktu kelas satu, saya sengaja ikut ekstrakurikuler catur. Saya terus bermain dan akhirnya meraih kemenangan. Saya senang sekali," ucap Samantha. Pada kejuaraan yang berlangsung di Kota Panjin, Liaoning, China, Samantha masuk skuad catur Indonesia. Kejuaraan ini diikuti sekitar 400 pecatur dari 23 Negara. Berdasarkan situs web chess-db.com, Samantha saat ini berada di peringkat ke-5 dunia untuk kategori U-10. Untuk level Asia, dia bahkan berada di posisi pertama.

Prestasi Gemilang

Samantha Edithso menjadi bintang baru di dunia catur Indonesia. Bocah berusia 10 tahun baru saja meraih gelar juara dunia dalam ajang FIDE Wordl Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia, akhir Juni lalu. Dari sembilan partai, Samantha Edithso mengumumpulkan 8,5 poin. Satu-satunya hasil remis atau imbang di dapatnya ketika melawan Afruza Khamdamova di babak ketiga. Pecatur Uzbekistan itu bergelar WCM dan merupakan juara FIDE World School Chess Championship 2017. Ini bukan satu-satunya prestasi yang pernah diukir Samantha Edithso. Putri dari Edithso ini juga pernah meraih medali emas catur kilat dalam Kejuaraan Catur Antar Pelajar Asia ke-13 di kota Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok, pada Agustus 2017. Di kejuaraan ini, ia menaklukkan saingan beratnya pecatur kuat berusia 16 tahun asal Filipina, WFM Doroy Allaney Jia. Tidak hanya itu, bocah yang akrab disapa Tata itu juga meraih gelar Woman FIDE Master (WFM) dari catur klasik. Samantha Edithso mengumpulkan delapan poin dari sembilan babak dan tidak pernah kalah. Luar biasa!

Gimana nih guys menurut mu prestasi pecatur cilik Samantha Edithso luar biasa gak sih ?
wah luar biasa dong
woiya jelas
20 votes

Komentar

Fresh