Hijrahnya Para Politisi | OPINI.id

Fenomena politisi kutu loncat ke parpol lain seakan terus terjadi, apa sih yang melatarbelakanginya? lebih dari itu, bagaimana dengan loyalitas mereka?

Latar belakang loncat partai

Lazimnya para politisi berpindah partai, karena sikap idealis mereka yang sudah tidak sesuai dengan partai, sikap pragmatisme atau bahkan masalah di internal partai.

Berubah haluan

Padahal belum tentu ideologi partai baru akan sama dengan partai lama yang membesarkan posisi terakhir mereka. Dan jelas hal itu merugikan partai lamanya. Tentu ini mengindikasikan jika peraturan yang ada di internal parpol belumlah kuat, karena jadi celah bagi politikus buat keluar masuk parpol saat menduduki jabatan publik.

Apa cuma buat popularitas?

Kayaknya fenomena pindahnya politikus juga lebih ke arah buat nonjolin kekuatan individualisme, kepentingan pribadi dan popularitas. Di samping itu pula, politik instan dan serba cepat akan menjadi prinsip utama. Popularitas akan dijadikan tolok ukur utama, sebaliknya kader berkualitas akan mudah tersisih. Kalau dilihat juga kaderisasi di partai baru si politisi pasti terganggu, karena otomatis peluang maju kader lama buat rebutan kursi legislatif bakal ke tutup.

Gimana dengan peran partai politik?

Fenomena hijrahnya politikus menimbulkan implikasi politis dalam kehidupan berdemokrasi, diantaranya semakin tereduksinya makna partai politik menjadi kendaraan politik . Parpol harusnya bisa memainkan peran penting dalam proses edukasi, kaderisasi dan melanggengkan ideologi politik yang menjadi latar belakang pendirian partai politik.

Lemahnya aturan internal

Peraturan dalam partai yang lemah namun demikian aturan-aturan tentang kepartaian, terkhusus soal keanggotaan dalam partai tidak didukung oleh aturan yang memadai. Bahkan, politikus bisa "mempermainkan" keanggotaannya dan dengan mudahnya menyeberang bila hasrat untuk berkuasa di partainya tidak terpenuhi. Padahal prilaku demikian bisa mencerminkan kalo politikus itu hanya menjadi aktor dalam memainkan perannya mengatur negara, apakah itu yang dibutuhkan Indonesia?

Menurutmu hijrahnya para politikus ini berindikasi bagus gak sih bagi perpolitikan di Indonesia?
Wah gak bagus nih
Wajar aja sih
26 votes

Komentar

Fresh