Mahasiswa UMY Ciptakan Kasur Pintar | OPINI.id

Untuk mengurangi resiko timbulnya luka tekan pada pasien yang harus berbaring lama di rumah sakit. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengembangkan sebuah teknologi berupa kasur pintar.

Apa itu Luka Dekubitus ?

Luka tekan adalah rusaknya jaringan kulit yang disebabkan oleh adanya penekanan yang lama pada daerah tersebut. Biasa juga disebut pressure ulcer, bedsores, decubitus ulcers. Terjadi karena adanya penurunan aliran darah ke daerah yang mengalami penekanan dan menyebabkan kerusakan pada daerah tersebut. Hal ini dapat terjadi jika penekanan terjadi dalam waktu yang lama tanpa pergeseran berat badan anda (misalnya setelah operasi/cedera). Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terjadinya luka tekan ialah Immobilisasi dalam waktu lama atau harus bergantung dengan kursi roda, tidak mampu untuk memindahkan bagian-bagian tertentu dari tubuh anda tanpa bantuan, seperti cedera tulang belakang atau cedera otak atau jika anda memiliki penyakit seperti multiple sclerosis. Memiliki kondisi kronis, seperti diabetes atau penyakit pembuluh darah sehingga aliran darah juga terganggu, memiliki cacat mental dari kondisi seperti penyakit Alzheimer, memiliki kulit rapuh, memiliki kegagalan dalam mengontrol BAB/BAK, dan tidak mendapatkan cukup nutrisi (malnutrisi). Gejala diawali seperti kulit memerah yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Membentuk blister atau lepuh, kemudian luka terbuka, dan akhirnya kawah. Tempat yang paling umum untuk ulkus tekanan untuk membentuk tulang lebih dekat dengan kulit, seperti siku, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung, dan belakang kepala.

MIMI SEHAT (Miring-Miring Sehat)

Tim gabungan yang berasal dari dua program studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengembangkan sebuah teknologi berupa kasur pintar yang bisa mengurangi resiko timbulnya luka tekan pada pasien yang harus berbaring lama di rumah sakit. Tim yang terdiri dari lima orang ini bekerja sama dengan M One Technology SMK Muhammadiyah Sukoharjo yang merupakan produsen kasur rumah sakit di Jawa Tengah. Kasur pintar buatan anak bangsa ini sudah pernah lolos Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) dan sangat diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (RISTEKDIKTI). Teknologi kasur pintar yang diberi nama Miring-miring Sehat (MIMI SEHAT) bekerja dengan memberikan pengaturan posisi secara mandiri oleh kasur sesuai dengan interval waktu yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tekanan pada satu tumpuan saja dan supaya kasur mampu memberikan sirkulasi udara pada daerah tonjolan tulang yang berisiko terjadinya luka tekan. "Kami berharap semoga MIMI SEHAT akan mampu diaplikasikan, sehingga angka kejadian pressure ulcer di Indonesia mampu terkurangi secara signifikan dan berkala. Selain itu kami berharap setiap rumah sakit di Indonesia dapat memiliki bed MIMI SEHAT ini karena biaya produksi MIMI SEHAT yang lebih murah dari bed anti- lainnya pressure ulcer," tutup Suharli.

Gimana nih hasil karya anak bangsa MIMI SEHAT menurut kamu ?
sangat inovatif dan kreatif
wah keren
150 votes

Komentar

Fresh