Mereka Indonesia, Mereka Berprestasi | OPINI.id

Tidak perlu banyak bicara untuk berprestasi. Buktinya, sederet orang-orang ini mampu mengharumkan nama bangsa tanpa banyak basa-basi!

Mahasiswa ITS Juara Desain Sistem Keamanan Kapal

Mereka adalah Tim bernama Basudewa yaitu, Jangka Ruliyanto, Raja Andhika, Rahmat Diko Edfi, Novario Adiguna, Alvinur, Yudha, dan Riyan Bagus dari Departemen Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan ITS. Para mahasiswa ini berhasil meraih sebuah prestasi internasional. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menang di kompetisi Worldwide Ferry Safety Design Competition yang diadakan oleh Worldwide Ferry Safety Associaton asal Amerika Serikat. Pada kompetisi yang melombakan desain keamanan kapal tersebut, desain tim Basudewa dinilai memiliki keunggulan dalam aspek stabilitas, konstruksi kapal, serta sesuai dengan karakter dermaga dan laut. Dalam kompetisi ini laut yang dimaksud adalah Selat Singapura yang dipilih sebagai objek studi kasus kompetisi. Selain itu, keamanan kapal dari tim Basudewa dirancang sesuai regulasi Safety of LIfe at Seas (Solas) 3 dan 4 sehingga kapal memiliki pemadam api dan rute evakuasi di dalam kapal untuk protokol keselamatan penumpang. Tidak hanya dalam hal keamanan, kapal ferry hasil desain tim Basudewa dirancang menggunakan teknologi twin-screw water jet sebagai penggerak yang telah menggunakan bahan bakar hibrida sebagai sumber energi. Kapal ini diberi nama Kapal Archimaiden. Seperti diketahui, pada kompetisi tahun 2018 ini, tim Basudewa harus bersaing dengan 19 negara, termasuk Amerika Serikat,Jerman,Prancis,Belanda dan negara-negara maju lainnya. Kemenangan tim ITS tentu jadi kebanggaan Indonesia. "Kita bersanding dengan Singapura yang berhasil meraih juara satu dan India juara 3 serta Belanda sebagai juara 4. Alhamdulillah Asia meraih tiga besar," jelas Jangka.

Pecatur Muda Indonesia Juara di Bangkok

Tanpa basa-basi, Novendra Priasmoro (19) berhasil menjuarai turnamen catur internasional Bangkok Open di Thailand yang berakhir 21 April 2018. Hasil yang diraih oleh pecatur nomor dua nasional ini sangat spektakuler. Bayangkan saja, dia mampu mengalahkan unggulan pertama GM Hrant Melkumyan (rating 2669) dari Armenia. Bahkan mampu menahan remis GM Nigel Short (2662). Pertarungan sengit terjadi saat Novendra menghadapi pecatur dengan rating 2449 yaitu Nigel Short yang pernah menjuarai turnamen ini sebanyak tiga kali dan semuanya juara.

Zohri Sang Pelari Cepat Dari Lombok Utara

Dia adalah pria kelahiran 1 Juli tahun 2000 yang sempat menghebohkan dunia olahraga Indonesia, sekaligus dunia. Pria bernama lengkap Muhammad Zohri ini berhasil meraih medali emas di nomor 100 meter di kejuaraan dunia Atletik U-20 yang digelar di Tampere, Finlandia. Zohri berhasil mencatatkan rekor waktu 10,18 detik. Tentu saja ini adalah rekor tercepat dan berhasil mengalahkan pelari asal Amerika Serikat. Pengalamannya di dunia lari bukanlah hal yang baru. Bahkan, Zohri pernah jadi juara di Kejuaraan Atletik Asia Junior yang dihelat di Gifu, Jepang dengan rekor waktu 10,27 detik.

Menurutmu Penting gak jika pengembangkan bakat dipertajam di usia muda?
Penting banget
Gak juga sih
115 votes

Komentar

Fresh