Jokowi Tolak Gerai Starbucks di Tol? | OPINI.id

Pesatnya pertumbuhan gerai Sturbucks di kota-kota Indonesia, menjadikannya kedai kopi yang dikenal banyak orang. Namun baru-baru ini, Presiden Jokowi bilang jika gerai Sturbucks tidak boleh ada di tol.

Loh gimana ceritanya? lagi hits di kalangan orang Indonesia, justru kedainya ga boleh dibuka.

Apa Kata Jokowi?

Pada Peresmian tol Ngawi-Kertosono, Jokowi mengingatkan pengelola jalan tol untuk bisa mengajak para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berpartisipasinya Para pelaku UMKM adalah untuk mengembangkan ekonomi di jalan tol tersebut. Sehingga menumbuhkan minat beli produk lokal. "Saya singgung rest area, jangan sampai titik-titik yang ada kegiatan ekonomi, justru diisi brand asing, harus ada brand lokal di situ," ujar Jokowi di lokasi. "Jadi bukan McD (McDonald’s), Kentucky atau Starbucks. Harus diganti sate, gudeg, tahu guling, dan sebagainya yang lokal. Ini harus kerja sama dengan Pemprov, sehingga seperti telur asin, batik, dan sebagainya bisa dijual dan beri manfaat masyarakat sekitar," sambungnya.

Starbukcs Masuk Ke Indonesia

Pada kunjungan pertamanya ke Indonesia, Horman Schultz (CEO Starbucks) mengatakan bahwa dia terpana oleh potensi yang ditawarkan Indonesia terhadap Starbucks. Meskipun potensi di Indonesia masih relatif kecil karena Starbucks yang mendunia, tetap saja Starbucks memiliki target pasar yang penting bagi perusahaan. Lalu Schultz pun bermitra dengan PT. Mitra Adiperkasa sebagai pemegang lisensi untuk merek dagang Starbucks di Indonesia. Yang Kemudian membuka gerai-gerai Starbucks di kota-kota lainnya, setelah pembukaan pertamanya 17 Mei 2002 di Plaza Senayan. Pesatnya perkembangan Starbucks di Indonesia, membuat Schultz yakin untuk mempromosikan merek biji kopi Indonesia ke seluruh Dunia. Hal tersebut dilakukannya sebagai upaya perusahaan memberikan timbal balik untuk Indonesia, sebagai penyedia biji kopi untuk Sturbucks.

Gerai Starbucks di Indonesia

Dari data yang diambil yaitu per januari 2018, jumlah gerai starbuks di Indonesia telah mencapai 326 gerai yang tersebar di seluruh kota. Sumber: starbucks.co.id

Setuju gak nih kalo Starbucks gak boleh ada di rest area jalan tol?
Setuju-setuju aja sih
Nggak lah
1256 votes

Komentar (2)

Fresh