Heboh Hari Pertama Sekolah | OPINI.id

Bagi setiap orang hari pertama masuk sekolah merupakan hal yang cukup membuat degdegan, tentunya memiliki hal yang menarik tersendiri bagi setiap orang. Dan juga tentunya alasan orangtua yang turut serta mendampingi putra dan putrinya sekolah di hari pertama selain untuk pengawasan, tapi juga membantu murid untuk lebih mudah beradaptasi dengan teman-teman baru dan juga mendapatkan bangku paling depan untuk anaknya.

Tak Luput Dari Peran Orangtua

Para orang tua turut memantau anaknya dari belakang barisan. Kebanyakan dari mereka diantarkan oleh ibu mereka masing-masing. Seperti yang kita lihat di dalam foto tersebut para orangtua siswa memenuhi halaman Sekolah Dasar Pademangan Barat 07, Jakarta Utara. Hal tersebut mereka lakukan karena para orangtua ingin menyemangati putra dan putri mereka di hari pertama sekolah dan orangtua harap mereka bisa semangat terus untuk kedepannya.

Anies Soroti Interaksi Guru - Orangtua

Sekitar pukul 07.05 WIB dengan diiringin oleh nyanyian 'Selamat Datang' yang dinyanyikan oleh para siswa dan guru, Anies mengunjungi dan meninjau langsung hari pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur. Tak hanya menyapa para siswa, Anies juga menyapa para orang tua yang mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah dan mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah menyempatkan waktu untuk mengantar anaknya di hari pertama sekolah. "Saya ucapkan terima kasih ikut mengantarkan anaknya ke sekolah, para orang tua supaya kenal dengan gurunya, gurunya juga supaya kenal dengan orang tunya, saling kenal, komunikasi," tutur Anies. Ada sejumlah masalah yang bisa saja terjadi di sekolah, mulai dari masalah pornografi, narkoba, kekerasan atau perundungan (bullying) dan sebagainya. Anies pun menyampaikan komunikasi antara orang tua dengan guru merupakan hal penting dalam pendidikan. "Saling komunikasi yang dekat antara orang tua dan guru, begitu orang tua mendengar anaknya mengalami masalah dan orang tua cepat bisa lapor pada guru, guru pun bisa cepat melakukan tindakan," kata Anies.

Apresiasi Anies Terhadap Pegawainya

Di sisi lain, Anies pun mengapresiasi para pimpinan pemerintahan maupun perusahaan yang telah mengizinkan pegawainya untuk mengantarkan anaknya lebih dulu ke sekolah di hari pertama. Anies telah mengimbau agar orang tua mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah yang jatuh hari ini. Imbauan tersebut tercantum dalam Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2018 tentang Hari Pertama Sekolah yang ditandatangani Anies pada 10 Juli 2018. Bagi orang tua yang bekerja sebagai pegawai Pemprov DKI Jakarta, Anies menyatakan diberi dispensi agar bisa mulai bekerja mulai pukul 09.30 WIB. "Saya menganjurkan kepada para atasan untuk karyawannya yang mau mengantarkan untuk diberi izin, itu anjuran, saya tidak bisa mewajibkan," tutur Anies.

Ekspresi di Hari Pertama Sekolah

Siswa-siswi mengikuti upacara pada hari pertama sekolah. Para siswa-siswi berbaris mengikuti upacara pada pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur, terlihat dalam foto tersebut ada salah seorang siswa yang menguap.

Ekspresi Guru Dan Murid

Suasana di kelas pada hari pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur. Dalam foto diatas memperlihatkan interaksi guru dan murid yang terlihat begitu ceria dan bersemangat.

Tak Lupa Diabadikan

Sejumlah orang tua terlihat menggunakan ponselnya untuk merekam kegiatan anak-anak mereka di hari pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur.

Interaksi Siswa-Siswi Di Kelas

Sangat jelas terlihat para siswa-siswi baru saling bercengkrama di dalam kelas, pada hari pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur.

Adapun Yang Nyaris Tertidur

Ekspresi siswa-siswi saat berada di dalam kelas pada hari pertama sekolah di SDN Kampung Melayu 01/02, Jatinegara, Jakarta Timur, terlihat salah seorang siswa yang hampir terlelap, terlihat bahwa siswa di dalam kelas tersebut tak kuasa menahan rasa kantuk.

Banyak Netizen Kenang #HariPertamaSekolah

Hari pertama sekolah ini pun dimeriahkan oleh warga netizen khususnya di linimasa Twitter. Tak hanya yang masih berstatus siswa, mereka yang berstatus alumni alias yang sudah lulus sekolah pun ikut serta. Banyak dari mereka yang mencuitkan berbagai pengalaman lucu hingga mengenang masa-masa di sekolah dengan menyisipkan kalimat bertagar #HariPertamaSekolah dan menjadi nomor satu di trending topik Indonesia. @rhatamip : Udah rapih, pake seragam baru, pas sampe depan ruang piket "kamu tuh alumni".#HariPertamaSekolah @elsaprilia_66 : #HariPertamaSekolah i just miss ceremony at school every monday, myself with senior high school uniform, try not to attend to the school late the reality i'm late and get punishment until i didn't join the first lesson in class, free wifi at canteen lol

Gimana nih menurut kamu, apakah hal yang di bahas tersebut mengingatkan kamu pada hari pertama masuk sekolah ?
iya nih
biasa aja
13 votes

Komentar

Fresh