Dengusan Kuda Tanda Bahagia | OPINI.id

Definisi bahagia ternyata bukan cuma bisa manusia ciptain, tapi kuda juga bisa definisiin kebahagiaanya yaitu lewat dengusan dari hidungnya.

Dengusan Kuda

Sampai sekarang dengusan malah dianggap sebagai cara kuda buat ngebersihin debu dari hidung mereka atau ngusir serangga. Secara teknis, dengusan adalah sinyal non-vokal yang dihasilkan dari ekspirasi udara melalui lubang hidung. Menurut Mathilde Stomp dari Universite de Rennes di Perancis, dengusan adalah indikator emosi positif dari kuda.

Kira-kira kalau kamu ngedeketin kuda pernah gak sih denger dengusan kuda?
Iya pernah
Gak Pernah
1 votes

Fakta Menyebutkan

Dari penelitiannya terhadap 48 kuda dari yang dilepas bebas dan hidupnya dikekang, kuda yang dilepas bebas memiliki jumlah dengusan lebih banyak. Secara keseluruhan selama tes, kuda-kuda ini mendengus 560 kali, mulai dari satu kuda yang mendengus rata-rata 0,75 kali per jam hingga kuda yang mendengus 12,8 kali per jam.

Kesimpulan Stomp

Hasilnya menyebutkan, jika kuda mendengus paling banyak ketika makan atau ketika mengeksplorasi tempat. Tidak ada kuda yang mendengus ketika bersikap agresif terhadap manusia. “Kuda sangat jarang menunjukkan tanda kebahagian yang berbeda-beda. Hasil ini menyajikan pedoman penting bahwa ketika dengusan muncul, itu adalah indikasi emosi positif yang dapat membantu mengenali situasi seperti apa yang disenangi oleh kuda,” ujar Stomp.

kira-kira kamu pernah gak sih denger dengusan kuda?
iya pernah
kayanya enggak deh
15 votes

Komentar

Fresh