Manfaat Bermain Game Yang Ga Kamu Sadari | OPINI.id

Banyak orang tua yang menganggap bahwa video game itu buruk untuk anak-anak dan tidak mendidik. Ternyata tidak juga, bermain video game bisa mendidik anak-anak dalam bidang ini.

Kerja Sama

Game-game ada yang harus dimainkan dengan orang lain, seperti Fortnite, Dota, dan Counter Strike. Game-game ini mengajarkan betapa pentingnya kerja sama dan bagaimana kerja sama yang baik bisa membawa kemenangan.

Daya Ingat

Bermain video game terutama game-game berbentuk 3D ternyata terbukti, menurut penelitian, meningkatkan daya ingat. Karena sang pemain diharuskan mengingat lokasi barang, jenis musuh ataupun cara gerak musuhnya.

Belajar Bahasa

Video game juga mendorong anak-anak untuk belajar bahasa Inggris, bahkan bahasa Jepang. Karena perlu disadari kebanyakan game tidak berbahasa Indonesia. Akibatnya untuk bermain game tertentu, sang anak akan rela mempelajari bahasa asing untuk memainkan game itu.

Berpikir Cepat

Banyak game membutuhkan kita untuk berpikir cepat. Seperti game Pacman atau Snake misalnya. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang bermain game 30 menit dalam sehari, memiliki daya pikir yang lebih cepat daripada anak-anak yang tidak bermain game.

SUMBER

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4682779/ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3596277/ https://www.nature.com/articles/mp2013120

Masih anti sama video game ?
Iya
Nggak
Asal nggak kebanyakan saja
379 votes

Komentar (2)

Fresh