Bosscha Makin Meredup ? | OPINI.id

Hadirnya Observatorium Timau yang digadang-gadang terbesar di Asia Tenggara segera dibangun di pegunungan Timau, NTT. Terus gimana nasib teropong kebanggaan Bosscha?

Observatorium Timau

Observatorium Nasional Timau sendiri rencananya akan dibangun di pegunungan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT. Hal tersebut karena Pemerintah ingin memperkuat daerah-daerah dan desa, dalam rangka pengembangan dan edukasi bagi Indonesia Timur.

Kalah Unggul

Berkurangnya kemampuan observatorium Bosscha dalam melihat objek redup di angkasa, menjadi faktor lain alasan dibangunnya Observatorium Timau. Hal itu karena meningkatnya polusi cahaya dari kota Bandung yang mengganggu pengamatan pada objek-objek redup. Dan dari segi lingkungan, Observatorium Timau lebih gelap sehingga masil ideal untuk penelitian objek redup, dilihat dari teleskopnya pun lebih besar.

Teropong Bosscha Kebanggaannya Indonesia

Astronomi Indonesia memang identik dengan Obsevatorium Bosscha yang dibangun tahun 1923, dan menjadi saksi perjalanan astronomi Indonesia. Tahun 2004 Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar, di tahun 2008 ditetapkan sebagai salah satu Objek Vital Nasional yang harus diamankan.

Bosscha Masih Terang

Bukan berarti dengan adanya Observatorium Timau, Observatorium Bosscha tidak dipergunakan lagi. Teropong Bosscha akan tetap digunakan sebagai Observatorium pendidikan dan khusus untuk penelitian terhadap objek-objek terang di angkasa.

Menurutmu Bosscha kalah saing gak nih sama Observatorium Timau?
Enggak juga
Kayaknya iya
171 votes

Komentar

Fresh