Pakai Surat Dokter Buat Naik Gunung | OPINI.id

Buat yang suka naik gunung, mulai 1 Agustus 2018 pendakian di Gunung Slamet harus menggunakan surat keterangan sehat dari dokter, loh kok?

Demi Keselamatan Pendaki

Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga mengeluarkan surat pemberitahuan untuk calon pendaki Gunung Slamet. Surat edaran tersebut adalah untuk keselamatan pendaki dan klaim asuransi hanya bisa diajukan untuk kecelakaan yang terjadi selama pendakian. "ini semata-mata untuk antisipasi, karena kemarin bulan Mei ada pendaki yang meninggal karena sudah sakit (dari bawah). Barusan kami ketemu pihak Asuransi Jasa Raharja Putra, hasil visumnya sakit bawaan. Bukan kecelakaan, jadi tidak bisa diklaim. Kalo kecelakaan selama pendakian bisa dikalim," Kata Prayitno Kepala Bidang Pariwisata Dispora dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga.

Surat Dokter Calon Pendaki

Surat dokter diterbitkan sekurang-kurangnya tiga hari sebelum pendakian. jika pendaki tidak membawanya, surat bisa didapatkan dari puskesmas terdekat. "Bagi pendaki yang tidak membawa surat keterangan dokter dari tempat asalnya, bisa diperiksa dan minta surat keterangan sehat di Puskesmas Karangreja/Pustu. Tidak jauh dari lokasi (basecamp)," lanjut Prayitno. Prayitno juga berpesan kepada para pendaki Gunung Slamet, agar tetap menjaga kebersihan ketika melakukan pendakian. Nah kalau ngaku anak pecinta alam harus bener-bener cinta alam, jangan cuma ngumbar gelar pecinta alamnya aja.

Menurut kamu setuju gak sih sama tindakan Dispora dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga ini?
Setuju lah
Enggak ah, ribet
140 votes

Komentar

Fresh