Sosok Pahlawan Di Balik Gua Tham Luang | OPINI.id

12 remaja klub bola bersama pelatihnya telah berhasil diselamatkan dari dalam gua yang dilanda banjir di Thailand.

John Volanthen dan Richard Stanton

John Volanthen orang pertama yang menyelamatkan ke-12 remaja dan pelatihnya yang terperangkap di dalam gua selama 9 hari. Volanthen, Richard Stanton dan Robert Harper, diminta aparat Thailand untuk membantu upaya penyelamatan. Keduanya merupakan anggota Tim Penyelamatan Gua di Wales bagian tengah dan selatan. Volanthen berprofesi sebagai konsultan teknologi informasi, sedangkan Stanton mantan petugas pemadam kebakaran.

Richard Harris

Dr. Harrislah yang memeriksa kondisi kesehatan para korban yang terjebak di dalam gua, lalu memberi lampu hijau untuk operasi penyelamatan. Harris merupakan seorang dokter dari Adelaide Australia yang pengalaman dalam menyelam selama berpuluh tahun, mendapat pelatihan khusus di bidang anestesi, spesialis medis di bidang ekspedisi dan operasi penyelamatan.

Angkatan Laut Thailand

Pak Loharnshoon salah satu dari anggota angkatan laut thailand ialah seorang dokter yang memberikan obat-obatan pada luka ringan yang dialami para korban.

Saman Gunan

Saman Gunan merupakan penyelam purnawirawan Angkatan Laut Thailand yang sukarela berpartisipasi dalam upaya penyelamatan, sosoknya dikenal pria yang baik, suka membantu, mengerjakan pekerjaan amal. Tapi naas saat akan keluar dari Gua Tham Luang setelah mengantarkan tabung-tabung udara, Saman kehilangan kesadaran. Rekan menyelamnya mencoba menyadarkannya tapi gagal, dan jenazahnya kemudian dibawa keluar dari gua.

Ben Reymenants

Ben Reymenants (kiri) berfoto bersama Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osotthanakorn, dan sesama penyelam, Maksym Polejaka. Ben Reymenants merupakan kelompok penyelam pertama yang menemukan ke-12 remaja dan pelatih mereka pada Senin (2/7).

Claus Rasmussen

Dia merupakan seorang instruktur bersama perusahaan Ben Reymenants di Blue Label Diving. Claus telah menyelam di seantero Asia dan bekerja di beberapa negara di Asia Tenggara.

Mikko Paasi

Teknik menyelam termasuk menyelam di gua dan diantara reruntuhan ialah spesialisasi dari Mikko Paasi. Mikko Paasi ialah satu dari sekian banyak penyelam yang membawa 12 remaja dan pelatih mereka ke luar dari gua.

Ivan Karadzic

Bersama Mikko Paasi, Ivan Karadzic mengelola tempat menyelam bersama. Penyelam di dalam gua: "Saya sangat ketakutan". Ivan menanggapi kematian menyelam Saman Gunan, Karadzic menulis pada dinding akun Facebook mendiang: "Beristirahatlah dengan tenang. Anda adalah seorang pahlawan dan kami tidak lupa pengorbanan Anda."

Erik Brown

Erik Brown (kiri), Mikko Paasi (tengah) dan Claus Rasmussen (kanan). Erik Brown berprofesi sebagai instruktur teknik menyelam. Dia telah melakukan tujuh misi menyelam dalam sembilan hari. Artinya, dia telah menghabiskan 63 jam di dalam Gua Tham Luang.

Mereka rela kehilangan nyawa demi menyelamatkan para korban yang terjebak di dalam Gua Tham Luang. Bagaimana menurutmu ?
Luar Biasa !
Hebat !
50 votes

Komentar

Fresh