Cara Jitu Tingkatkan Daya Konsentrasi | OPINI.id

Sobat zeropromosi - Pernah melihat iklan air minum kemasan yang slogannya "sudah minum A**A?" Untuk fokus kita butuh air menurut iklan tersebut. Fokus berarti bertindak sesuai tujuan. Komitmen berarti bertindak menyelesaikan tujuan. Keduanya harus ada untuk menerima tujuan Anda. Tidak bisa fokus ada kaitannya dengan konsentrasi. Untuk meningkatkan konsentrasi ternyata ada latihannya lho. Berikut cara latihannya:

1. Ambil buku dan hitung jumlah paragraf.

Hitung lagi untuk memastikan jumlahnya. Mulai dengan satu paragraf, tetapi kalau ini kamu anggap mudah, tingkatin jadi satu halaman. Hitung dalam hati hanya dengan mata kamu, tanpa menunjuk setiap kata.

2. Hitung terbalik dalam hati.

Mulai dari 100 sampai 1.

3. Menghitung dari angka 100 sampai 1, tetapi lompati setiap angka ke-3 dan kelipatannya.

Jadinya 100, 97, 94 dan berikutnya.

4. Pilih satu kata yang menginspirasi.

Ulangi kata-kata itu dalam benak selama lima menit. Kalau kamu bisa konsentrasi, lanjutkan dengan coba sepuluh menit berusaha konsentrasi di kondisi yang hening tanpa gangguan.

5. Ambil satu benda, misalnya buah jeruk.

Lihat benda itu dari segala sisi. Tetap lihat pada benda itu walau lagu favoritmu lagi diputar di radio/HP. Jangan terganggu oleh gangguan luar yang datang. Tetap lihat tanpa berpikir soal harganya, cara menanamnya, nilai nutrisi, dan lain-lain. Cukup lihat, cium aromanya dan pegang. Kalau sudah fasih, lakukan lagi dengan mata tertutup dan bayangkan buah jeruk itu di benak kamu.

6. Setelah melakukan latihan di atas, gambarkan satu bentuk geometrical figure.

Contohnya, segitiga atau lingkaran. Warnai dengan warna favorit kamu. Lalu konsentrasi dengan bentuk itu. Cobalah tidak memikirkan satu kata pun selama latihan. Cukup lihat figure-nya dan usahakan jangan berkedip. Kalau sudah terlatih, lakukan lagi dengan mata tertutup. Sama seperti sebelumnya, kalau kamu lupa bentuk figure yang kamu gambar tadi , buka mata selama 2detik, tutup lagi dan lanjutkan berlatih.

7. Coba jangan pikirkan apapun selama lima menit.

Tapi cara ini boleh dilakukan kalau latihan sebelumnya sudah kamu kuasai. Latihan-latihan sebelumnya, kalau dilakukan dengan benar akan meningkatkan kemampuan kamu untuk menciptakan keheningan di dalam pikiran dan membawa kepada konsentrasi. Makin sering berlatih akan semakin mudah dan semakin lebih mudah lagi. Semoga bermanfaat ya dan dijamin berhasil loh Silahkan dibagikan ke teman-teman kamu yang suka kurang konsen ya 😀

Komentar (1)

Fresh