Koruptor Pasti Mati di Negara Ini! | OPINI.id

Kalau di Indonesia koruptor masih bisa tersenyum, tertawa, melempar salam ke awak media saat ditangkap. Beda hal di negara ini, dijamin koruptor pasti mati.

China...

Negara yang dibenci sumbu pendek ini ternyata punya hukuman yang berat bagi koruptor. Bayangkan saja, para koruptor akan dihukum mati jika mereka melakukan korupsi lebih dari 100.000 yuan atau Rp 215 juta. Hukuman mati bagi para koruptor ini mulai dilakukan sejak Xi Jinping menjabat menjadi Presiden China. Sejak Desember 2014, Zhou sudah dicopot dari posisinya di partai. Ratusan koruptor pun dihukum mati selama dua tahun terakhir.

Vietnam

Di sini juga berlaku hukuman mati bagi pejabat negara atau perusahaan milik negara yang terbukti melakukan korupsi. Tapi hukuman ini gak berlaku bagi wanita hamil dan wanita yang merawat anak di bawah usia 36 tahun saat vonis diberikan.

Singapura

Negara kecil tapi maju ini juga termasuk sebagai negara dengan tingkat kejahatan korupsi paling rendah. Soalnya itu karena hukuman buat koruptor di sini keras. Hukum di Singapura tegas terhadap pelaku kejahatan seperti pembunuhan, penyelundupan obat terlarang dan juga korupsi. Pada kurun 1994-1999 hukuman mati diberikan pada lebih dari seribu orang.

Taiwan

Fenomenal, sebelum tahun 2000, tingkat eksekusi hukuman mati di Taiwan sangatlah tinggi. Tetapi setelah melewati perdebatan ramai, angkanya menurun dengan hanya tiga kasus hukuman mati pada 2005 dan tidak ada pada 2006-2009. Eksekusi hukuman mati diberikan kepada pelanggaran seperti pembunuhan, penyelundupan obat terlarang dan juga korupsi. Namun, dalam undang-undang antikorupsi di Taiwan, hukuman mati hanya diberikan kepada mereka yang maling uang untuk bencana alam dan dana untuk mengatasi krisis ekonomi (kalau di sini tepatnya mirip Kementerian Sosial kali ya)

Gimana kalau hukuman ini kita tetapkan juga di Indonesia?
Gak bisa, bentrok sama HAM
Setuju, pasti bisa kok!
681 votes

Komentar (2)

Fresh