Perang Tarif Dagang Amerika Dimulai | OPINI.id

Donald Trump menaikan tarif pada barang-barang ekspor beberapa negara dan berencana menaikan tarif barang ekspor ke beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. Berikut negara-negara yang sudah atau akan perang tarif dagang dengan Amerika.

INDONESIA

Indonesia baru terkena ancaman kalau Amerika akan menaikan tarif barang-barang ekspor dari Indonesia, terutama di bidang tekstil. Alasannya karena Indonesia lebih banyak mengekspor barang ke Amerika ,dibandingkan mengimpor barang dari Amerika.

TIONGKOK

Tiongkok sebagai negara eksportir terbesar di dunia, menjadi ancaman Amerika. Karenanya Amerika meningkatkan tarif untuk 34 miliar dolar barang ekspor tiongkok yang masuk ke Amerika. Tiongkok membalas dengan melakukan hal yang sama dan kedua negara berpotensi meningkatkan lebih banyak tarif lagi.

INDIA

Amerika menaikan tarif sebesar total 241 juta dolar untuk ekspor besi dan aluminium dari India di bulan Maret lalu. India akan membalas Amerika dengan menaikkan tarif yang sama untuk produk-produk Amerika.

UNI EROPA

Amerika menaikan tarif unutk besi dan aluminium dari Eropa, Eropa membalas dengan menaikan tarif untuk produk Amerika seperti celana Levis dan Harley Davidson. Juni lalu Amerika kembali mengancam akan menaikan tarif untuk mobil-mobil Eropa, seperti Mercedes Benz dan BMW.

KANADA

Kanada juga dikenai kenaikan tarif yang sama untuk aluminium dan besi. Seperti negara lain, Kanada membalas dan melakukan kenaikan tarif untuk produk-produk Amerika, terutama produk pertaniannya.

MEKSIKO

Tetangga Amerika selain Kanada, Meksiko juga terkena kenaikan tarif pada ekspor besinya. Hal ini membuat Meksiko menaikan tarif pada produk-produk makanan dan minuman Amerika.

Impor Dan Ekspor

Terlepas dari strategi aneh Amerika di bawah Donald Trump, saya menyadari persoalan impor dan ekspor ternyata tidak sepele. Sering didengar di Indonesia kalau kita harus menghentikan impor. Sekarang saya sadar kalau kita menghentikan impor dari satu negara, kita harus siap negara itu juga menghentikan impor dari Indonesia. Jadi pemerintah harus pintar-pintar dalam mengatur jatah impor, tidak semudah asal menutup impor saja seperti yang selama ini dituntut segelintir orang.

Pemimpin Negara Dan Warga Dunia

Saya juga sangat takut apabila suatu saat Indonesia salah memilih pemimpin, seperti ketika Amerika memilih Trump. Suka tidak suka kita adalah warga dunia dan Indonesia juga membutuhkan bantuan negara lain. Trump membuat Amerika mulai dimusuhi berbagai negara di dunia yang ujungnya akan menyusahkan warga Amerikanya sendiri. Jangan sampai hal ini terjadi di Indonesia, oleh karena itu kita harus memilih pemimpin yang tepat, jangan sekedar dipengaruhi SARA dan emosi sesaat.

SUMBER

http://money.cnn.com/2018/07/05/news/economy/us-china-trade-war-tariffs/index.html https://www.bbc.com/news/world-latin-america-44378660 https://www.theguardian.com/business/2018/jun/22/bourbon-levis-prices-rise-eu-enforces-tariffs-us https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/05/202649726/trump-mulai-beri-peringatan-untuk-perang-dagang-dengan-indonesia

Komentar

Fresh