Selamat Tinggal Susu Kental Manis | OPINI.id

BPOM tegaskan kalau produk kental manis itu bukanlah produk susu, kemana apa sih bro selama ini, udah edar lama dan banyak yang menikmati tiba-tiba disuruh berpisah!

RIP 'Susu' Kental Manis

"Susu kental manis cap enak, yang penting enak....," masih inget gak sama lirik iklan ini? Ini adalah salah satu iklan susu kental di televisi. Sudah bertahun-tahun kita percaya jika dibalik manis dan kentalnya itu adalah susu, tiba-tiba saja, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beranggapan jika produk ini bukanlah susu, what the fu..k? Surat edarannya udah dikeluarkan HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang 'label' dan iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3). Surat ini dikeluarkan pada akhir Mei Lalu. Surat edaran ini dikeluarkan agar tidak terjadi lagi kekeliruan konsumsi kental manis kalengan yang banyak diiklankan sebagai produk susu. Tapi, bukan berarti kita gak boleh dan dilarang minum produksi kental manis ini. Hanya saja, pihak BPOM menyarankan konsumen untuk lebih bijak menggunakan produk ini.

Selain Penghapusan 'Susu', Ini 4 Larangan BPOM

Viral berita tentang produk 'susu' kental manis. Bahkan produk yang sudah banyak penggemarnya ini disinyalir tidak mengandung susu sama sekali! Anggota Komisi Kesehatan DPR (Komisi IX) Okky Asokawati mengusulkan kata 'susu' dihapus pada produk kalengan susu kental manis. Selain itu ada lagi beberapa larangan BPOM. 1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apa pun. 2. Dilarangan menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain antara lain susu sapi/susu yang dipasteurisasi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu pertumbuhan. 3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/ atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman. 4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Gimana, masih suka sama produk susu kental ini gak?
Masih jadi favorit
Gak deh, kapok
458 votes

Komentar

Fresh