5 GANGGUAN MENTAL KHAYALAN TERANEH | OPINI.id

Gangguan mental bisa mengakibatkan banyak hal, salah satunya adalah meyakini bahwa khayalannya adalah kenyataan. Ini adalah penyakit gangguan mental khayalan teraneh yang ada.

EROTOMANIA

Gangguan mental ini menyebabkan si penderita merasa (anggap saja si A), si A mencintai dirinya dan bahwa si penderita dan si A ditakdirkan untuk bersama. Padahal penderita dan si A tidak pernah berkomunikasi atau dekat sebelumnya. Tentu saja hal ini hanya khayalan, tetapi penderita merasa itu sebagai nyata.

CAPGRAS DELUSION

Gangguan yang satu ini menyebab si penderita untuk mempercaya bahwa orang-orang dekatnya atau bahkan hewan peliharaannya sudah digantikan oleh makhluk asing yang menyamar.

FREGOLI DELUSION

Mirip dengan gangguan mental Capgras, tetapi pada kasus ini si penderita mengkhayal bahwa orang-orang disekitarnya sudah digantikan oleh orang-orang dekatnya. Tetangga oleh mantannya misalnya, agar si mantan bisa memata-matai dirinya.

TRUMAN SHOW DELUSION

Gangguan yang satu ini mirip film The Truman Show. Dimana si penderita meyakini bahwa hidupnya adalah acara TV dan banyak kamera tersembunyi yang merekam kehidupannya sehari-hari.

SINDROM EKBOM

Gangguan mental yang satu ini sangat mengerikan. Karena membuat si penderita membayangkan banyak parasit atau hewan yang hidup di bajunya, di selimutnya, bahkan di dalam tubuhnya.

Komentar

Fresh