Penyebab Seseorang Menjadi Gelandangan | OPINI.id

Banyak stigma kalau seorang gelandangan adalah orang yang malas bekerja dan tidak perlu dikasihani. Mungkin ada sebagian gelandangan yang seperti itu, tapi kebanyakan sebenarnya tidak mau hidup jadi gelandangan. Ini penyebab mereka jadi gelandangan.

Susah Cari Pekerjaan

Banyak yang jadi gelandangan karena dipecat dari pekerjaan atau kesulitan cari pekerjaan. Hal ini umum di kota besar karena ketatnya persaingan mencari pekerjaan dan spesifikasi lowongan pekerjaan yang tinggi. Bayangkan orang yang tidak lulus SMU dan tidak memiliki banyak pengalaman kerja, pasti susah bagi mereka mencari pekerjaan.

Tidak Punya Keluarga

Selain pekerjaan, faktor besar lainnya adalah tidak adanya keluarga. Umumnya bila seseorang tidak bekerja dia bisa menumpang sementara dengan keluarganya, tapi bila tidak punya ya orang tersebut tidak memiliki pilihan lain dan menjadi gelandangan.

Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan juga menjadi faktor yang penting. Seseorang yang sakit keras pasti tidak bisa bekerja. Kadang keluarga-pun karena tidak sanggup menampung atau membiayai orang ini akan mengusirnya dan membiarkan orang ini menjadi gelandangan.

Musibah

Kadang seseorang menjadi gelandangan bisa juga karena musibah. Rumahnya kebakaran atau kehilangan harta yang banyak gara-gara penipuan biasanya akan membuat seseorang menjadi depresi dan akhirnya menjadi gelandangan.

Apakah Kamu Suka Memberi Sedekah Pada Gelandangan Di Jalan ?
Tidak
Kadang-Kadang
Sering Kasih
940 votes

Komentar

Fresh