Gaji Pertama Pasca Lebaran Buat Apa Ya? | OPINI.id

Hari ini hingga beberapa hari ke depan banyak dari kita akan mendapatkan gaji pertama setelah Lebaran yang menguras stok keuangan. Maklum saja, saat Ramadhan dan Lebaran banyak dari kita mengeluarkan banyak uang sehingga di akhir Lebaran mengalami paceklik keuangan. Nah, mumpung baru dan akan dicharge keuangan kita dengan gaji pertama setelah Lebaran, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar keuangan kembali stabil:

1. Jangan belanja berlebihan

Karena selama Ramadhan dan Lebaran tidak bisa membatasi pengeluaran untuk belanja ini-itu, alangkah baiknya kini menghindari belanja secara berlebihan. Hendaknya pengeluaran dari gaji pertama setelah Lebaran dialokasikan ke hal-hal yang mendasar saja. Karena itu, membuat anggaran pengeluaran secara detail tentunya sangat diperlukan supaya uang yang dikeluarkan lebih terarah. Ingat, pasca Lebaran adalah saat menstabilkan kondisi keuangan.

2. Bayar utang

Pemenuhan keperluan Ramadhan dan Lebaran tak jarang membuat banyak dari kita melakukan utang atau pinjaman. Oleh sebab itu, membayar utang atau pinjaman begitu mendapatkan gaji pertama adalah langkah yang sangat dianjurkan. Terlebih untuk memberesi kartu kredit. Maklum, kebutuhan belanja yang meningkat saat Ramadhan dan Idul Fitri biasanya mengakibatkan seseorang juga menggunakan "kartu plastik" tersebut untuk berbelanja sehingga tagihan dipastikan meledak. Jangan tambah lagi nominal utang dengan kartu kredit yang dimiliki. Kalau tidak terkendali, kesulitan melunasi tagihan sudah di depan mata. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu berlama-lama berkutat dengan utang. Beresi utangmu sekarang juga.

3. Sisihkan di tabungan modern

Berapa pun gaji pertama yang kamu dapatkan setelah Lebaran, jangan abaikan yang satu ini yaitu pundi-pundi tabungan. Apalagi, yang namanya menabung itu kini makin mudah dan terjangkau dengan imbal hasil (return) yang tinggi, seperti melalui aplikasi IPOTPAY. Aplikasi yang fleksibel bisa untuk bayar, beli dan transfer ini memberikan imbal hasil yang jauh di atas bunga tabungan dan depsito. Aplikasi ini memberikan imbal hasil up to 10% per tahun. Imbal hasil ini tentu saja di atas inflasi. Menyisihkan sebagian gaji pertama setelah Lebaran bermanfaat untuk menstabilkan keuangan. Selamat mencoba!

Komentar

Fresh