Tips Investasi Uang Cekak Usai Lebaran | OPINI.id

Tak terasa Lebaran hampir usai. Banyak dari kita baru sadar telah menghabiskan banyak uang untuk banyak keperluan yang harus dipenuhi mulai dari beli baju baru, beli kue, makanan untuk menu Lebaran, angpao (salam tempel) hingga ongkos mudik. Uang pun menipis. Mau investasi dengan dana kecil? Yup, tak ada salahnya dimulai dengan dana yang kecil asal memiliki 6 tips berikut ini:

1. Tujuan jelas

Meski dana yang dimiliki kecil, asal perencanaan dibuat serinci mungkin, investasi akan mendatangkan banyak manfaat. Oleh sebab itu, buatlah rincian yang jelas terkait tujuan, jangka waktu dan jumlah uang yang ingin dimiliki dalam jangka waktu tersebut. Tujuan yang jelas tentunya perlu diimbangi konsistensi investasi rutin dengan dana yang sedikit tadi. Seperti kata pepatah, dikit-dikit lama-lama bisa menjadi bukit.

2. Realistis dan rasional

Banyak dari kita ingin uang yang dinvestasikan langsung berkembang berkali-kali lipat dalam jangka waktu yang pendek. Menyikapi hal ini, kita harus lah realitis dan rasional bahwa hal yang demikian ini bisa jadi justru investasi bodong. Oleh sebab itu pilihlah platform investasi yang tepat secara realistis dan rasional.

3. Jujur dengan diri sendiri

Memang investasi lebih cepat atau sedini mungkin itu lebih baik. Akan tetapi, kita juga harus melakukan pemeriksaan secara teliti kondisi keuangan. Kalau keuangan kita saja tidak sehat, bisa jadi investasi justru mmebuat kondisi keuangan makin memburuk.

4. Tanya ke yang ahli

Banyak dari kita kadang terlalu pede dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Nah dalam urusan innvestasi, berkonsultasi pada pakar keuangan itu tentu lebih baik dan berguna ketimbang tersesat kemudian.

5. Lunasi kredit dan utang

Alangkah bijaksananya kalau kita melunasi kredit atau utang yang diambil saat Lebaran. Jangan sampai, kita melakukan investasi saat terbebani utang sehingga justru akan memperburuk kesehatan keuangan.

6. Pilih platform investasi yang tepat

Saat ini ada banyak platform investasi dengan uang cekak, salah satunya investasi reksadana yang kini mudah diakses dan dinikmati dengan platform IPOTFUND dari PT Indo Premier Sekuritas. Platform investasi reksadana ini menawarkan lebih dari 200 produk reksadana dari 35 Manajer Investasi terpercaya yang dapat diakses multiplatform mulai desktop, laptop, tablet hingga smartphone. Memulai investasi dengan uang cekak di platform ini banyak untungnya.

Komentar

Fresh