Alasan Mereka Yang Tidak Mau Punya Anak | OPINI.id

Di negara-negara maju seperti di Eropa atau Jepang sudah menjadi tren bahwa banyak pasangan suami istri yang tidak mau punya anak. Di Indonesia pasangan seperti ini juga ada tapi masih sedikit. Apa alasan mereka ? simak nih.

Tidak Ada Waktu

Alasan paling umum adalah kedua pasangan sibuk bekerja dan mereka tidak memiliki waktu untuk merawat anak. Karena merawat anak memakan banyak sekali waktu dan energi. Sehingga mereka memilih untuk tidak memiliki anak.

Kondisi Ekonomi

Alasan umum lainnya adalah faktor ekonomi. Biaya hidup saat ini sudah sangat tinggi dan banyak pasangan yang tidak memiliki dana untuk merawat anak. Anak bisa memakan banyak dana, seperti dana kesehatan, konsumsinya, dan terutama dana pendidikannya.

Dunia Itu Kejam

Alasan lainnya adalah karena banyak orang yang menganggap bahwa dunia itu kejam. Dan banyak orang yang tidak ingin/tega membawa anaknya masuk ke dunia yang kejam ini.

Diri Yang Penuh Kekurangan

Ada juga yang tidak mau memiliki anak karena menyadari dirinya penuh dengan kekurangan. Orang ini takut kejelekan atau kekurangannya turun ke anaknya.

Ga Sesuai Dengan Tujuan Hidup

Ada juga yang memilih untuk tidak memiliki anak, karena tidak sesuai dengan tujuan hidupnya. Contoh saja orang yang tujuan hidupnya adalah keliling dunia. Memiliki anak hanya akan mencegah dia mencapai tujuan hidupnya.

Kamu termasuk orang yang tidak ingin punya anak ?
Mau punya dong
Tergantung kondisi
Iya ga mau
1249 votes

Komentar

Fresh