Kamu Wajib Tahu Fakta Piala Dunia Ini | OPINI.id

Piala Dunia 2018 akan digelar pada tanggal 14 Juni 2018. Ajang sepakbola paling bergengsi yang hanya diadakan tiap 4 tahun sekali ini kali ini akan pertama kali digelar di Rusia. 32 tim dari berbagai negara akan berkompetisi selama 32 hari untuk jadi yang terbaik. Sebelum nonton, ada baiknya kita simak fakta-fakta dan sejarah Piala Dunia di tahun-tahun sebelumnya.

Sejarah Singkat Piala Dunia

Piala Dunia bukanlah kompetisi sepakbola antar negara yang pertama. Sepakbola pertama kali masuk kejuaraan internasional saat Olimpiade di tahun 1920 dengan Belgia yang jadi juaranya. Piala Dunia sendiri pertama kali digelar 10 tahun kemudian di tahun 1930. Pelopornya adalah presiden FIFA waktu itu, Jules Rimet. Makanya sampai sekarang trofi yang diperebutkan di Piala Dunia itu namanya Jules Rimet Trophy. Ajang Piala Dunia pertama kali digelar di Uruguay dengan diikuti 13 negara peserta. Negara pertama yang jadi juara adalah tim tuan rumah Uruguay dengan skor 4-2 di laga final melawan Argentina. Sejak saat itu Piala Dunia rutin diadakan setiap 4 tahun sekali dengan banyak negara berlomba-lomba untuk menjadi tuan rumah. Tahun 2018 ini, Rusia lah yang sukses mendapat kehormatan itu.

Brazil Terbanyak Juara

Tim samba Brazil jadi juara Piala Dunia terbanyak dalam sejarah dengan total 5 trofi, disusul Itali dan Jerman dengan masing-masing 4 trofi. Sayangnya, tahun ini kita gak akan lihat aksi timnas Itali di Rusia karena mereka udah gugur duluan di babak play-off. Brazil juara di tahun 1958, 1962, 1970, dan terakhir juara di tahun 1994. Piala Dunia tahun 1958 juga jadi debut legenda sepakbola asal Brazil, Pelé. Ia yang kala itu masih berusia 17 tahun sukses membawa tim-nya jadi juara dengan 2 gol-nya di laga final melawan Swedia yang berakhir dengan skor 5-2 untuk Brazil. Pelé juga jadi satu-satunya pemain bola dengan trofi Piala Dunia terbanyak yaitu 3 di tahun 1958, 1962, dan 1970.

Pencetak Gol Terbanyak

Walau Pelé sering disebut sebagai pemain bola terbaik sepanjang masa, namun ia ternyata bukanlah pencetak gol terbanyak. Rekor pencetak gol terbanyak dipegang oleh striker Jerman Miroslav Klose dengan total 16 gol yang ia cetak di 4 Piala Dunia yaitu di tahun 2002, 2006, 2010, dan 2014. Posisi ke-2 dipegang oleh ujung tombak Brazil era 90-an, Ronaldo. Pelé sendiri “hanya” di posisi ke-5 dengan total 12 gol. Pemain yang paling berpeluang untuk memecahkan rekor pencetak gol terbanyak ini adalah Thomas Müller yang saat ini sudah mencetak 10 gol di Piala Dunia sebelum-sebelumnya. Akankah ia memecahkan rekor mantan rekan se-timnya tahun ini? Tonton sendiri aja deh aksinya selama 1 bulan ke depan.

Seberapa antusias kamu buat nonton aksi timnas jagoan kamu di Piala Dunia 2018 ini?
Antusias banget
Biasa aja
219 votes

Komentar

Fresh