Mudik ke Jateng? Waspada Titik Ini | OPINI.id

Walau titik kritis pertama mudik 2018 sudah terlewati, pemudik tetap dihimbau agar tetap siaga. Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kalau kamu berencana atau lagi mudik ke daerah Jateng, kamu musti simak info yang 1 ini.

Waspada di 3 Titik Kritis Ini

Moeldoko mengingatkan tiga titik kritis yang perlu mendapatkan perhatian para pengguna jalan adalah: (1) titik perpindahan jalur tol operasional ke fungsional, (2) persimpangan jalur fungsional dan jalan nasional di titik Kali Kutho, dan (3) jalan darurat di Kali Kenteng. Semua titik kritis itu berada di wilayah Jawa Tengah. Walau infrastruktur jalan dan jalan tol sudah siap untuk dilalui, pemudik harus tetap hati-hati terutama kalau mau lewat jalan darurat yang dibangun untuk menghubungkan ruas Salatiga-Surakarta melewati Kali Kenteng. Masyarakat diminta waspada saat melewati jalur ini, mengingat kemiringan jalan yang cukup ekstrem. Tapi gak usah khawatir, guys. Soalnya kementerian PUPR sendiri telah menyatakan bahwa jalur ini tetap aman dilalui.

Antrian Panjang

Dari hasil pemantauan petugas selama 2 hari open traffic pada jalan sementara ini, volume kendaraan cukup besar dari arah Salatiga. Pada hari Sabtu, 9 Juni 2018 dari pukul 06.00 sampai 16.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintasi Kali Kenteng tercatat sebanyak 5.604 kendaraan dengan kondisi lintasan terpadat pada pukul 15.00 WIB sebanyak 1.105 kendaraan. Adapun di hari Minggu, 10 Juni 2018 atau H-5 jelang Lebaran, pantauan di lapangan dari pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, tercatat sebanyak 2.068 kendaraan yang melintasi jalan sementara di Kali Kenteng.

Rute Alternatif

Rute alternatif untuk menghindari antrian di Kali Kenteng adalah dengan keluar ruas tol pada pintu Tingkir, kemudian melalui jalan nasional Salatiga-Boyolali hingga Solo. Sekian info mudik untuk daerah Jateng. Semoga bisa bermanfaat buat kamu, ya!

Menurut kamu mudik tahun ini lebih nyaman dari tahun kemarin gak?
Iya
Sama aja
15 votes

Komentar

Fresh