5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Mandiri | OPINI.id

Semakin dewasanya kamu maka kamu harus menjadi pribadi yang lebih mandiri. Sebab, saat dewasa nanti, kamu harus menjalani hidupmu seorang diri, tanpa bantuan orangtua, kakak adik, teman, atau bahkan asisten rumah tangga. Mau tahu seperti apa tipsnya? Yuk, simak ulasannya berikut!

Seberapa mandiri-kah kamu?
⭐⭐
⭐⭐⭐
⭐⭐⭐⭐
⭐⭐⭐⭐⭐
640 votes

1. Rencanakan Hidupmu

Melakukan perencanaan hidup itu menunjukkan bahwa kamu sudah berani dan mampu menentukan masa depanmu. Terbiasa membuatnya membuatmu lebih indenpenden dan tidak bergantung pada orang tua. Mulailah dengan memetakan impianmu. Supaya punya rencana hidup maka kamu harus sudah memiliki impian untuk masa depan. Buatlah daftar impian sebanyak mungkin dan pilih yang menurutmu paling logis untuk dapat dicapai. Setelah itu, kamu tinggal menentukan strategi selanjutnya, yakni merencanakan keuangan masa depan.

2. Do It Yourself

Tips menjadi pribadi yang lebih mandiri yang pertama ialah belajar untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Mulai saja dari hal paling sederhana, yakni membereskan kamar tidur. Yuk, coba mulai sekarang biasakan diri untuk merapikan tempat tidur sebelum hijrah ke kamar mandi untuk bersiap-siap. Setelah itu, tingkatkan intensitasnya dengan hal-hal yang mulai rumit, seperti menyiapkan persiapan sekolah sendiri dan lain sebagainya. Manfaat terbiasa melakukan sendiri ialah kamu bisa tahu harus melakukan apa dalam kondisi apapun. Kamu pun memiliki kepercayaan diri lebih tinggi ketimbang orang lain.

3. Hadapi Masalahmu Sendiri

Seorang yang mandiri tentunya selalu menghadapi permasalahan pribadinya sendiri. Bahkan, tak ada yang tahu kalau dia tengah dalam masalah yang pelik. Kepiawaian itulah yang harus kamu miliki kalau ingin menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, mulai dari sekarang latihlah dirimu untuk mampu menghadapi masalahmu sendiri. Mulai dari masalah di sekolah hingga masalah sentimentil seperti masalah percintaan. Jangan pernah lari dari masalah sebab masalahmu tidak akan pernah selesai.

4. Sering Bertukar Pikiran

Orang yang mandiri itu merupakan orang yang mampu belajar dari orang lain. Belajar dengan orang lain berguna untuk mempelajari pengalaman orang lain menyelesaikan masalahnya. Untuk itu, kamu harus sering bertukar pikiran dengan orang lain. Saat bertukar pikiran, kamu harus membuka diri. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari pengalaman orang lain dengan lebih lengkap dan jelas

5. Belajar Menerima Kritik

Tips menjadi pribadi yang lebih mandiri selanjutnya adalah belajar menerima kritik. Kritik merupakan hal yang menjadikan seseorang lebih dewasa dan mandiri. Sebab, dalam kritik yang disampaikan itu banyak hal bisa dipelajari. Jangan pernah terlalu reaktif ketika menerima kritik. Saat mendapat kritik, hal pertama yang harus kamu ingat ialah pikiranmu harus terbuka. Kedua, kamu harus mempelajari kritik itu dan cobalah untuk mengolahnya. Ketiga, ketika kritik itu baik dan memang membantumu untuk menjadi pribadi lebih baik maka terapkanlah. Jangan pernah anti dengan kritik. Sebab, kritik dapat menjadi media orang yang sayang sama diri kita untuk menyampaikan perasaannya. Dengan memaknai kritik tersebut secara bijak, pastinya akan banyak manfaat yang akan kamu rasakan. Penulis: Muhammad Khairil Sumber: https://video.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/tips-menjadi-pribadi-yang-lebih-mandiri/

Komentar

Fresh